Educativo: Jurnal Pendidikan
Vol 2 No 1 (2023): Educativo: Jurnal Pendidikan

Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Mendiagnosis Kesulitan Belajar Pada Siswa Underachiever

Isna Khairani (UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi)
Alfi Rahmi (UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru bimbingan dan konseling dalam mendiagnosis kesulitan belajar pada siswa underachiever di SMPN 3 Lembah Melintang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu menggambarkan kejadian-kejadian yang terjadi di lapangan. Sesuai dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh yang bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru bimbingan dan konseling mendiagnosis kesulitan belajar pada siswa underachiver di SMPN 3 Lembah Melintang. Informan kunci guru bimbingan dan konseling, informan pendukung guru wali kelas dan 3 siswa underachiever kelas VIII. Keabsahan data yang digunakan dengan triangulasi data dengan menggunakan triangulasi sumber untuk menguji kreadibilitas data yang dilakukan dengan cara mencek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber. Penelitian ini menyimpulkan upaya guru Bimbingan dan Konseling dalam mendiagnosis kesulitan belajar pada siswa underachiever, yaitu: 1). Pengumpulan data yang meliputi: kegiatan observasi, kunjungan rumah, case study, case history, daftar pribadi, tugas anak, tugas kelompok dan melakukan tes IQ maupun tes pribadi, 2). Pengolahan data yang meliputi: identifikasi kasus, membandingkan antara kasus, membandingkan dengan hasil tes, menarik kesimpulan, 3). Diagnosis yang meliputi: jenis kesulitan, faktor umum, faktor utama, 4). Prognosis yang meliputi: bentuk treatment, bahan atau materinya, metode atau strategi, alat-alat bantu, waktu atau jadwal, 5). Treatment yang meliputi: bimbingan belajar, bimbingan pribadi, bimbingan kelompok, bimbingan orang tua, dan remedial teaching, dan 6). Evaluasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Educativo: Jurnal Pendidikan focuses on the following topics: curriculum development, teacher education and professional development, teacher training, cross-cultural studies, learning, evaluation, english language teaching, counseling, management, quality of education, and the use of communication ...