Journal of Technology and Food Processing (JTFP)
Vol. 1 No. 01 (2021): Januari

Rancangan Acak Lengkap Dan Rancangan Acak Kelompok Pada pH Gelatin Kulit Domba Dengan Pretreatment Larutan NaOH

Muhamad Hasdar (3Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Sains dan teknologi, Universitas Muhadi Setiabudi, Brebes, Indonesia)
Wadli Wadli (Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Sains dan teknologi, Universitas Muhadi Setiabudi, Brebes, Indonesia)
Delia Meilani (Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Sains dan teknologi, Universitas Muhadi Setiabudi, Brebes, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2021

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil dan kesimpulan data yang diolah menggunakan rancangan acak lengkap dan rancangan acak kelompok dari data pH gelatin kulit domba yang dilakukan pretreatment larutan NaOH. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif berdasarkan hasil ANOVA dari Rancangan Acak Lengkap (RAL) dan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dari data hasil pengukuran pH gelatin kulit domba. RAK menghasilkan galat dan koefisien keragaman yang lebih kecil, namun tidak menghasilkan nilai yang signifikan untuk keragaman kelompok. Uji lanjut yang cocok yaitu uji tukey.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jtfp

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Immunology & microbiology Materials Science & Nanotechnology

Description

Fokus and Scope Fokus dan ruang lingkup dari Journal of Technology and Food Processing (JTFP) terkait dengan ilmu dan teknologi pangan sebagai berikut. a. Pengolahan dan distribusi pangan b. Sanitasi dan keamanan pangan c. Bioteknologi pangan d. Manajemen dan mutu pangan e. Pangan fungsional f. ...