JURNAL TEKNIK MESIN
Vol 11, No 1 (2023): VOLUME 11, NOMOR 1, JANUARI 2023

PENGARUH PERSENTASE BINDER TANAH LIAT TERHADAP DENSITAS PELET KATALIS ZEOLIT ALAM

Aditya Ardiyanto (Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, 50275)
Norman Iskandar (Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, 50275)
Sulardjaka Sulardjaka (Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, 50275)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Katalis heterogen merupakan alternatif pengganti penggunaan katalis homogen yang menghasilkan masalah tidak dapat digunakan berulang dan susah dipisahkan dari hasil reaksi. Penggunaan katalis heterogen berbentuk pelet adalah pilihan terbaik karena dapat digunakan berulang, stabil pada suhu tinggi, mudah dipisahkan dari hasil reaksi dan dapat divariasikan dalam bentuk dan campuran sesuai kebutuhan. Salah satu bahan pembuatan pelet katalis untuk biodiesel adalah zeolit alam yang merupakan mineral berpori yang banyak memiliki kegunaan dan mudah ditemukan di Indonesia. Kekuatan dan keseragaman dari suatu pelet dapat diperoleh dengan memperhatikan proses pembuatan, metode pembuatan dan bahan baku awal dari pelet katalis. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh densitas dari pelet katalis zeolit alam yang ditambahkan binder tanah liat. Untuk mengetahui pengaruh densitas dari pelet katalis, dalam penelitian ini dilakukan pengujian densitas menggunakan pycnometer ultrapyc-quantachrome dan metode analisis yang digunakan yaitu analysis of variance. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa, persentase binder tanah liat tidak berpengaruh signifikan terhadap densitas pelet katalis zeolit alam.

Copyrights © 2023