JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN SISTEM INFORMASI
Vol 10 No 1 (2023): JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi)

Klasifikasi Barang Pada Proses Sortir Pengiriman Barang Dengan Raspberry Pi Menggunakan Algoritma Oriented Fast And Rotated Brief (ORB) Dan K-Nearest Neighbor (KNN)

Rizky Ryan Dwi Yudistira (Unknown)
Sigit Anggoro (Unknown)
Fatan Kasyidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2023

Abstract

Sortir barang menjadi salah satu mesin pada industri yang efisien jika dikaitkan dengan kinerja sistem. Proses sorting barang dapat dilihat dari bentuk barangnya yang terdeteksi dari bentuk barang tersebut sehingga dibutuhkan teknik untuk meninjau area objek yang dideteksi dengan titik acuan yang tepat. Pada saat ini sortir barang di dunia industri telah dilakukan secara mandiri tanpa adanya pertemuan fisik dengan pegawai. Pada penelitian terdahulu mengenai proses identifikasi barang belanjaan telah dilakukan dengan menggunakan metode Oriented Fast and Rotated Brief dengan menghasilkan suatu sistem yang dapat mengenali jenis barang belanjaan. Adapun pada penelitian ini menggunakan metode Oriented Fast and Rotated Brief dan K-Nearest Neighbor untuk mengenali bentuk barang dan mengklasifikasikan bentuk barang sesuai label kelasnya yang diterapkan pada sistem konveyor yang dibantu oleh piranti Raspberry Pi. Penelitian ini dapat mengklasifikasikan bentuk barang meskipun bentuk barang dirotasikan. Hasil dari analisis pada penelitian ini sistem sudah dapat mengenali dan mengklasifikasikan bentuk barang “Kubus”,”Segitiga”,dan “Tabung” dengan menghasilkan tingkat akurasi keberhasilan sebesar 89%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jatisi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JATISI bekerja sama dengan IndoCEISS dalam pengelolaannya. IndoCEISS merupakan wadah bagi para ilmuwan, praktisi, pendidik, dan penggemar dalam bidang komputer, elektronika, dan instrumentasi yang menaruh minat untuk memajukan bidang tersebut di Indonesia. JATISI diterbitkan 2 kali dalam setahun ...