Jurnal Multidisiplin West Science
Vol 2 No 02 (2023): Jurnal Multidisiplin West Science

Intellectual Capital dan Kapabilitas Finansial Terhadap Kinerja Keberlanjutan UMKM (Studi Pada Industri Ekonomi Kreatif di Kota Bandung)

Eko Susanto (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA)
Warkianto Widjaja (Universitas Kebangsaan Republik Indonesia)
Muh. Risal Tawil (Politeknik Baubau)
Tiryono Ruby (Universitas Lampung)
Asri Ady Bakri (Universitas Muslim Indonesia Makassar)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Revolusi industri membuat kinerja UMKM terus di pertanyakan. Respon dalam menghadapi ketidakpastian pasar dan persaingan ketat dengan kolaborasi sumber daya dan kapabilitas. Istilah yang disebut ekonomi pengetahuan modern, Intellectual Capital telah memainkan peran penting dalam bidang bisnis, kelembagaan, dan akademik, membantu transisi menuju pengembangan organisasi yang inovatif, kompetitif, dan berkelanjutan. Pekerjaan rumah terhadap kinerja berlanjut UMKM di belahan belum berhasil tumbuh seperti yang diharap, ini diakibatkan faktor rendahnya modal, keterlambatan UMKM mengadopsi teknologi, tingginya biaya serta fakta persaingan dari impor dengan harga yang murah. Kapabilitas finansial memungkinkan UMKM memiliki kemampuan dalam menyiasati persaingan dengan keputusan keuangan yang efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa jauh modal intelektual dan kapabilitas finansial terhadap kinerja keberlanjutan UMKM industri fashion di Kota Bandung sebanyak 125 wirausaha dalam penelitian ini. Intellectual Capital dan Financial Capabilities berpengaruh positif dan signifikan ketika diuji dengan Kinerja Keberlanjutan UMKM secara parsial dan simultan dan model penelitian ini menjelaskan kinerja keberlanjutan UMKM sebesar 73%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmws

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, Ekonomi Bisnis , Koperasi & Perbankan, Ekonomi Syariah, Ekonomi Pembangunan, Pengembangan SDM, Perpajakan dan Asuransi Niaga. Jurnal ini diterbitkan oleh West Science ...