SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 7, No 1 (2023): March

PELATIHAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN VIRTUAL LABORATORY BERBASIS PHET INTERACTIVE SIMULATION DI SMAS YPK MERAUKE

Merta Simbolon (Universitas Musamus)
Anderias Henukh (Universitas Musamus)
Andi Reski (Universitas Musamus)
Helga Charolina A. Silubun (Universitas Musamus)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2023

Abstract

ABSTRAKPeningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini tak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan. Banyak kebutuhan pendidikan yang dapat dipenuhi dengan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, salah satunya adalah kebutuhan untuk melaksanakan praktikum. Masalah umum yang dialami guru IPA dalam pembelajaran adalah minimnya peralatan laboratorium untuk melaksanakan praktikum. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melatih guru-guru agar mampu memanfaatkan PhET Interactive Simulation dalam laboratorium virtual untuk kegiatan praktikum. Metode yang digunakan adalah pelatihan dalam bentuk presentasi berupa pemaparan mengenai PhET Interactive Simulation, pelatihan, evaluasi, dan pendampingan secara langsung kepada para guru yang masih mengalami kesulitan. Dari kegiatan pelatihan ini diperoleh hasil bahwa 90% guru telah mampu mengoperasikan kegiatan praktikum virtual menggunakan peralatan yang tersedia dalam PhET Interactive Simulation. Sejumlah 10% guru lainnya sudah mampu membuka PhET Interactive Simulation namun masih kesulitan mengoperasikan kegiatan praktikum virtualnya. Kata kunci: PhET Interactive Simulation; laboratorium virtual; praktikum ABSTRACTIncreasing science and technology today cannot be separated from the world of education. Many educational needs can be met by utilizing technology in learning, one of which is the need to carry out practicums. A common problem experienced by science teachers in learning is the lack of laboratory equipment to carry out practicums. This service activity aims to train teachers to be able to utilize PhET Interactive Simulation in a virtual laboratory for practicum activities. The method used is training in the form of presentations in the form of exposure to PhET Interactive Simulation, training, evaluation, and direct assistance to teachers who are still experiencing difficulties. From this training activity, the result was that 90% of teachers were able to operate virtual practicum activities using the equipment available in the PhET Interactive Simulation. Another 10% of teachers have been able to open PhET Interactive Simulation but still have difficulty operating their virtual practicum activities. Keywords: PhET Interactive Simulation; virtual laboratory; practicum

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ; (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), ...