Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 3 (2023): Journal on Teacher Education

Efektivitas Permainan Pohon Kata dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini

Eric Okta Viani (Universitas PGRI Palembang)
Taty Fauzi (Universitas PGRI Palembang)
Rahmah Novianti (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memahami pengaruh efektivitas dari permainan pohon kata terhadap kemampuan mengenal huruf. Permainan yang digunakan dalam penelitian ini adalah permainan pohon kata menggunakan APE pohon huruf yang dirangkai menjadi sebuah kata. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group-Pretest-Posttest Design dengan sampel sebanyak 20 orang di TK Fathurrahman Kota Palembang. Oleh karena itu, analisis data penelitian ini menggunakan analisis uji-t dan N-gain. Hasil penelitian ini adalah: 1) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan anak mengenal huruf antara sebelum dan sesudah diberikan permainan pohon kata, 2) efektivitas permainan pohon kata dalam meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf dinyatakan cukup efektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...