Agar radio berita tidak benar-benar ditinggalkan pendengar, maka radio dituntut melakukan transformasi agar dapat mengimbangi perkembangan zaman yang serba digital. Salah satunya dengan menyediakan fitur digital dan aplikasi yang memungkinkan pendengar dapat menikmati siaran radio tanpa terbatas waktu maupun tempat melalui smartphone. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi Radio Republik Indonesia (RRI) Makassar dalam mempertahankan minat pendengar dalam era digital. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian, kualitatif hasil observasi dan wawancara dianalisis dan diuraikan data-data yang diperoleh di lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi Radio Republik Indonesia (RRI) Makassar dalam mempertahankan minat pendengar pada era digital, yaitu strategi yang pertama terletak pada bagian program radio yang akan disiarkan, yang dibagi menjadi empat tahap, yakni tahap perencanaan program, tahap produksi dan pembelian program, tahap eksekusi program dan dalam rangka tahap pengawasan dan evaluasi program. Strategi yang kedua, yaitu mempertahankan minat pendengar, terbagi menjadi lima tahap, yaitu: pembentukan kesesuain, membangun kebiasaaan, pengontrolan arus pendengar, pemeliharaan sumber daya program, dan daya penarik massa. Kata Kunci: Strategi, Radio, Penyiaran
Copyrights © 2023