JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC
Vol 7, No 2 (2023): Maret 2023

PERBAIKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGANTAR STATISTIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION

Bambang Gulyanto (Universitas asahan)
Dewi Purnama Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini berjudul. Perbaikan Pembelajaran Matematika Materi Pengantar Statistik Dengan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Kelas XII IA5 SMAN 1 Tanjungbalai. Tujuan penelitian adalah Mendeskripsikan upaya perbaikan belajar matematika di Kelas XII IA5 SMAN 1 Kota Tanjungbalai. Perbaikan pembelajaran ini menggunakan langkah-langkah PTK sebanyak 2 siklus. Siklus 1 hari Senin tanggal 17 Oktober 2022 dengan langkah-langkah model Realistic Mathematic Education. Pembelajaran siklus 1 sudah baik dibandingkan dengan hasil belajar pada prasiklus, namun masih perlu penyempurnaan dalam pendalaman materi dan menyimpulkan hasil kerja siswa sehingga diperlukan perbaikan pembelajaran untuk siklus 2. Siklus 2 hari Senin tanggal 24 Oktober 2022. Siklus 2 memiliki hasil yang memuaskan dan dapat memperbaiki kekuarangan yang terjadi pada Siklus 1. Dari 32 orang anak didik yang tuntas pada prasiklus sebanyak 12 orang (37,50%), meningkat pada siklus 1 menjadi 24 siswa (75%) dan meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 32 orang (100%). Perbaikan pembelajaran matematika di XII IA5 SMAN 1 Kota Tanjungbalai. tahun pelajaran 2022/2023 dapat tercapai dengan menggunakan Model Realistic Mathematic Education.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Paedagogic (JMP) contains about the research result and the study result in the field of matehematics education, pure mathematics, and applied mathematics. This journal has been published since september 2010, but it repackaged the volume in ...