Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Tindak Tutur Direktif dan Strategi Bertutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XII SMA Negeri 1 Pasaman (Pasaman Barat)

Kartika Kencana (Universitas Negeri Padang)
Ena Noveria (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya tindak tutur dalam interaksi belajar mengajar di kelas dan dalam pembelajaran berlangsung guru mampu mengekspresikan dirinya dengan melakukan komunikasi melalui tindak tutur yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMA Negeri 1 Pasaman dan strategi bertutur yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMA Negeri 1 Pasaman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini ialah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak bebas libat cakap (SBLC), rekam, dan catat. Hasil penelitian ada dua. Pertama, bentuk tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMA Negeri 1 Pasaman terdapat 202 tuturan yang terdiri dari 135 tindak tutur direktif menyuruh, 3 tindak tutur direktif memohon, 17 tindak tutur direktif menyarankan, 20 tindak tutur menuntut, dan 27 tindak tutur direktif menantang. Kedua, strategi bertutur yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMA Negeri 1 Pasaman terdapat 202 tuturan yaitu, 55 strategi bertutur terus terang tanpa basi-basi, 90 strategi bertutur terus terang basi-basi kesantunan positif, 43 strategi bertutur terus terang basi-basi kesantunan negatif, 2 strategi bertutur samar-samar, dan 12 strategi bertutur dalam hati. Kesimpulannya adalah tindak tutur direktif yang sering digunakan adalah tindak tutur direktif menyuruh dan strategi bertutur yang dominan digunakan adalah strategi bertutur terus terang dengan basi-basi kesantunan positif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...