Dilatar belakang telah diketahui bahwa suasana kelas yang ribut dapat membuat keadaan belajar menjadi tidak kondusif, siswa terlihat kurang memahami materi dikarenakan kurangnya fasilitas buku untuk siswa dan keadaan lingkungan sekolah yang berada ditengah-tengah masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Tegalrejo yang berjumlah 20 orang, sedangkan sampel pada penelitian ini sama dengan populasi adalah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah t-test satu sampel untuk variabel X dan variabel Y, untuk mencari korelasi antara variabel X dan variabel Y menggunakan rumus korelasi product moment kasar. Hasil dari penelitian ini adalah: variabel X (pengelolaan kelas) dan variabel Y (hasil belajar) mempunyai korelasi yang cukup dengan melihat angka yang didapatkan adalah : 0,586. Apabila hitungan tersebut diinterpretasikan angkanya dengan membandingkan hasil perhitungan dengan angka indeks korelasi “r” product moment, ternyata (0,586) besarnya berada pada 0,40-0,70 yaitu berarti hubungan antara variabel X (pengelolaan kelas) dan variabel Y (hasil belajar) termasuk hubungan positif cukup. Maka dari itu disimpulkan bahwa pengelolaan kelas dapat mempengaruhi secara positif terhadap hasil belajar siswa.
Copyrights © 2023