Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 7 No. 1 (2023): April

Makin Dekat, Makin Cepat: Pengaruh Pokja Manajemen Operasional dalam Implementasi Program Sekolah Penggerak

Muhammad Irfan (Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia)
Abdul Rahman (Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia)
Latri Aras (Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2023

Abstract

Strategi implementasi kebijakan menentukan keberhasilan ataupun kegagalan program peningkatan mutu Pendidikan. Kebijakan seringkali tidak dibarengi strategi implementasi yang efektif yang mendukung pencapaian hasil atau tujuan kebijakan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Pokja Managemen Operasional (PMO) sebagai strategi implementasi kebijakan terhadap Program Sekolah Penggerak (PSP). Sampel penelitian adalah Tim PMO tingkat daerah yang berasal dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP). Desain penelitian kualitatif digunakan dengan metode wawancara semi-terstuktur untuk pengumpulan data yang kemudian dianalisis secara descriptive-interpretive. Strategi PMO memberikan dampak positif terhadap proses pelaksanaan PSP baik melalui pendampingan dan fasilitasi keahlian, teknik dan administrasi serta perubahan pola hubungan, komunikasi, kemitraan dan pengambilan keputusan birokrasi di tingkat daerah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberadaan PMO memungkinkan pemecahan masalah yang makin cepat serta hubungan dan kerjasama antar pihak atau stakeholder yang makin dekat dalam implementasi PSP. Temuan penelitian mengimplikasikan bahwa setiap kebijakan pendidikan mesti disertai dengan strategi implementasi yang mendukung pelaksanaan dan pencapaian target atau tujuan kebijakan secara efektif dan produktif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...