Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7 No 1: Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023

Pengaruh Penggunaan Aplikasi Cabri Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Kubus dan Balok di SMP Negeri 1 Jorlang Hataran

Jesica Triani Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Lois Oineke Tambunan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Yoel Octobe Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2023

Abstract

Selama proses mempelajari informasi matematika, mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi membutuhkan pemahaman tentang konsep matematika yang dipelajari (HOTS). Proses mental memahami konsep dapat digunakan untuk tugas menemukan jawaban atas masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh program Cabri terhadap kemampuan siswa dalam memahami ide-ide matematika yang berkaitan dengan kubus dan balok. Penelitian ini merupakan quasi-experimental, dan jenis desain yang digunakan disebut nonequivalent control group design. Sebelum memberikan tes pada instrumen pembelajaran, dilakukan observasi terhadap penggunaan aplikasi Cabri dengan kelas tes yang terdiri dari individu-individu yang karakteristiknya bervariasi. instrumen penelitian yang digunakan berupa tes deskripsi, dan diberikan sebelum dan sesudah penelitian. Pre-test dan post-test keduanya diberikan dalam bentuk lima pertanyaan yang memiliki tujuan yang sama dan digunakan dua kali, yaitu pada awal pertemuan dan pada akhir pertemuan, untuk menentukan indikasi mana yang dipahami matematika. prinsip. Pengujian seperti uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t digunakan untuk melakukan analisis terhadap data penelitian. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan memahami konsep matematika siswa yang belajar dengan aplikasi Cabri lebih baik daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran biasa (konvensional) dengan rata-rata pretest terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan rata-rata 75, sedangkan nilai rata-rata ujian akhir siswa kelas eksperimen adalah 79. Kelompok kontrol mendapat nilai 50 pada nilai rata-rata pretest mereka. Siswa di kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 80 pada posttest, sedangkan siswa di kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 72,5.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...