Journal of Social Humanities and Education
Vol. 2 No. 1 (2023): March : Journal of Social Humanities and Education

Pengaruh Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematic) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Critical Thinking And Problem Solving) Pada Anak Usia Dini

Nur Indah Sukmawati (Universitas Negeri Surabaya)
Nur Ika Sari Rakhmawati (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2023

Abstract

Revolusi industry 4.0 menuntut dunia pendidikan melakukan penyesuaian. Pada Pendidikan anak usia dini, kesiapan anak merupakan faktor penting dalam proses pembelajaran agar generasi mereka mampu bersaing secara global demi menjawab tantangan abad 21. Namun hasil riset menunjukkan bahwa Pendidikan di Indonesia masih membutuhkan banyak ruang untuk perbaikan, khususnya pada pembelajaran matematika dan sains.. Guna mengatasi masalah tersebut adalah dengan memberikan pendekatan STEAM. Tujuan penelitian dengan pendekatan STEAM adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, diantaranya keterampilan memecahkan masalah dan berpikir kritis di TK Dewi Sartika Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Model penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif menggunakan desain quasi eksperimental dengan nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah 56 anak berusia 5-6 tahun. Pengumpulan data dilakukan secara observasi dengan nilai pretest-posttest sebagai jumlah yang akan diuji. Dari uji besarnya pengaruh variabel didapatkan bahwa antara nilai pretest-posttest mengalami peningkatan sebanyak 14,43. Hal ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Berbasis STEAM dapat digunakan sebagai stimulasi untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Anak Usia Dini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Concept

Publisher

Subject

Astronomy Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Concept: Journal of Social Humanities and Education E-ISSN: 2963-5527 (Online) / P-ISSN: 2963-5071 (print) published by Yappi Makassar School of Administrative Sciences. Publishing this journal aims to improve the quality of science, as well as channel interest in sharing and disseminating knowledge ...