cover
Contact Name
Nurasia Natsir
Contact Email
jurnal@apji.org
Phone
+6285726173515
Journal Mail Official
official@journal-stiayappimakassar.ac.id
Editorial Address
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Yappi Makassar Jl. Sumba no 46, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Social Humanities and Education
ISSN : 29635071     EISSN : 29635527     DOI : 10.55606
Concept: Journal of Social Humanities and Education E-ISSN: 2963-5527 (Online) / P-ISSN: 2963-5071 (print) published by Yappi Makassar School of Administrative Sciences. Publishing this journal aims to improve the quality of science, as well as channel interest in sharing and disseminating knowledge to academics, students, practitioners and observers of science. Editors accept research articles related to Social Sciences, Humanities and Education This journal is published 1 year 4 times (March, June, September and December)
Articles 167 Documents
Ibu Sunda dan Bapak Korea: Penerapan Bahasa Indonesia Pada Keluarga Kimbab Family Khoerunnisanaj; Haikal alif sya’bani
Concept: Journal of Social Humanities and Education Vol. 1 No. 3 (2022): September: Journal of Social Humanities and Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Yappi Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.74 KB)

Abstract

Informasi dan teknologi yang berkembang pesat pastinya berdampak pada meningkatnya penggunaan media sosial di masayarakat. Perkembangan media sosial seperti facebook, instagram, youtube dan lain-lain, telah menumbuhkan gaya hidup baru di masyarakat. Media sosial seperti youtube merupakan media komunikasi dan informasi yang sedang eksis di tengah-tengah masyarakat. kami ingin meneliti berbagai ragam bahasa komunikasi di chanel youtube kimbab family yang mana notabene keluarganya berdarah korea, dan kebetulan tinggal di korea.
Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Sosial Khairul Dzaky Annoval; Muhammad Ismail Hisyam Rasyad
Concept: Journal of Social Humanities and Education Vol. 1 No. 3 (2022): September: Journal of Social Humanities and Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Yappi Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.83 KB)

Abstract

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi negara kita, Indonesia. Bahasa Indonesia sebagai unsur dan alat komunikasi komunitas utama di Indonesia. Perkembangan teknologi informasi memungkinkan komunikasi global begitu cepat sehingga yang berarti dapat menjangkau lintas negara dan lintas benua. Pada pembahasan ini “ Penggunaan bahasa indonesia dalam social media yang baik dan benar ” banyak pengguna aplikasi ini tidak menggunakan bahasa KBBI yang benar dan tata bahasa Indonesia yang baku. Sementara banyak penyebab kesalahan dalam arti bahasa. Hal yang sama berlaku untuk tujuan melakukan penelitian ini atau melihat berapa banyak penggunaan media sosial masih salah dalam penggunaan bahasa indonesia. Bahasa Indonesia juga tidak digunakan secara global, yang membuat bahasa Indonesia terkesan kurang berguna bagi proses globalisasi. Peningkatan fungsi sebagai landasan keilmuan harus dilakukan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.
Makna dan Penggunaan Bahasa pada Ceramah Ustaz Adi Hidayat: “Antara Berilmu dan Beramal” Muthia Reiha Nurfadilah; Fathia Rizki Zahra Ratu Sania
Concept: Journal of Social Humanities and Education Vol. 1 No. 3 (2022): September: Journal of Social Humanities and Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Yappi Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.998 KB)

Abstract

Dalam Al Qur’an ada dua kata yang tidak pernah terpisahkan, yaitu iman dan amal shaleh. Pada saat sekarang ini banyak seorang muslim yang mengaku beriman tetapi tidak mengerjakan amal shaleh secara berkelanjutan. Seolah-olah keimanan hanya dijadikan topeng untuk meraih keuntungan tertentu. Padahal iman dan Amal Shaleh merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan karena apabila salah satu dari keduanya tiada maka kesempurnaan dari salah satunya akan berkurang. Iman tanpa amal itu hampa sedangkan amal tanpa iman itu percuma. Iman adalah fondasi sedangkan amal adalah implementasi. Apabila kita berfikir ataupun bertindak hanya mementingkan diri sendiri, maka rizki dari Allah Swt akan di sempitkan, maka dari itu sebaiknya kita berfikir dan bertindak jangan hanya untuk diri sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui maksud dari “Makna ceramah Ust Adi Hidayat “Antara Berilmu dan Beramal”. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif adalah metode yang menggunakan riset kepustakaan. Secara garis besar Berilmu yaitu memiliki pengetahuan atau kepandaian, orang berilmu berarti orang yang memiliki pengetahuan atau kepandaian dan Beramal adalah perbuatan atau pekerjaan baik yang mendatangkan manfaat bagi diri juga orang lain yang dilaksanakan sesuai syariat dengan penuh keikhlasan.
PESAN-PESAN MOTIVASI DALAM LIRIK LAGU “DIRI” KARYA TULUS: ANALISIS SEMIOTIKA Dinda Ilmi Nurfauziyah; Raisya Alipya
Concept: Journal of Social Humanities and Education Vol. 1 No. 3 (2022): September: Journal of Social Humanities and Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Yappi Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.775 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan makna, gaya bahasa dan pesan-pesan yang terkandung dalam lirik lagu “Diri” yang dibawakan oleh Tulus. Di dalam lirik lagu “Diri” ini terdapat pesan-pesan yang mengandung motivasi tentang mental health yang berkaitan dengan self love. Hasil penelitian dalam lirik lagu diri memiliki makna pesan motivasi yaitu mencintai diri sendiri, pada bagian pertama memiliki makna damai dengan diri sendiri. Bagian ke dua dan keempat memiliki persamaan makna yaitu bahwa diri manusia terlalu berhaga untuk terus menerus menerima luka. Lalu bagian ke tiga memiliki makna belajar mencintai diri sendiri dan berterima kasih kepada diri sendiri.
Penggunaan Bahasa Sarkasme di Media Sosial Twitter Astri Puspa Dewi; Meli Merlina
Concept: Journal of Social Humanities and Education Vol. 1 No. 3 (2022): September: Journal of Social Humanities and Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Yappi Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.266 KB)

Abstract

Sarkasme dalam media sosial merupakan ejekan atau cemoohan yang dituangkan baik secara tulisan, foto ataupun video. Penggunaan bahasa sarkasme di media sosial ini mencerminkan bahwa sebagian masyarakat Indonesia merupakan penutur bahasa yang berbudaya kurang baik, tidak berkarakter baik dan tidak menjungjung tinggi etika kesantunan dalam berbahasa. Jika hal tersebut dibiarkan maka akan memberikan pengaruh yang lebih luas dan menjadikan budaya baru sehingga memudarkan karakter asli bangsa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis penggunaan Bahasa sarkasme pada media sosial twitter yang bertujuan untuk mendeskripsikan komentar netijen pada akun media sosial @AREAJULID yang mengandung Bahasa sarkasme. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik catat dengan cara mencatat dan membaca komentar yang mengandung bahasa sarkasme. Sumber data pada penelitian ini adalah komentar netijen dalam akun twitter. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan bahasa sarkasme di media sosial twitter sangat tinggi, sehingga menyebabkan pelanggaran prinsip kesopanan dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar.
Implementasi Protokol Penatalaksanaan Pemulasaraan dan Pemakaman Jenazah Covid 19 di Kota Pekanbaru (Periode Maret 2020 – Mei 2022) Ulfa Hasanah; Zaili Rusli
Concept: Journal of Social Humanities and Education Vol. 1 No. 4 (2022): Desember : Journal of Social Humanities and Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Yappi Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (840.166 KB) | DOI: 10.55606/concept.v1i4.63

Abstract

Penelitian ini berfokus pada implementasi protokol penatalaksanaan pemulasaraan dan pemakaman jenazah Covid 19 di Kota Pekanbaru (Periode Maret 2020 – Mei 2022). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah merepresentasikan dan menjelaskan kebijakan terkait tata laksana pemulasaraan dan pemakaman jenazah Covid di Kota Pekanbaru. Peneliti memakai model implementasi oleh George Edward III dengan 4 indikator (komunikasi, disposisi, sumber daya dan struktur birokrasi). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang pada penelitian adalah wawancara, observasi dan kajian dokumen. Hasil dari riset ini yaitu implementasi protokol penatalaksanaan pemulasaraan dan pemakaman jenazah Covid 19 di Kota Pekanbaru belum dijalankan secara optimal. Hal demikian disebabkan adaya indikator yang masih belum bisa dipenuhi oleh para implementor seperti lemahnya komitmen implementor dalam pelaksanaan kebijakan, kurangnya koordinasi antar implementor, kejelasan dari isi kebijakan dan lambannya pengadaan fasilitas serta terdapat perbedaan pandangan dan kepercayaan masyarakat yang menyebabkan timbulnya kasus pengambilan paksa jenazah Covid 19.
Al Ilmi Fil Qur’an Wal Hadis Roni Rusmana; Yayat Suharyat
Concept: Journal of Social Humanities and Education Vol. 1 No. 4 (2022): Desember : Journal of Social Humanities and Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Yappi Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1536.417 KB) | DOI: 10.55606/concept.v1i4.64

Abstract

Al-Qur'an dan Hadis sebagai pondasi umat Nabi Muhammad saw dan seluruh umat islam, Ilmu pengetahuan juga merupakan komponen utama dari isi Alquran juga hadis. karena keduanya tidak dapat dipisahkan, Al-Qur”an dan Hadis adalah sumber dari segala sumber ilmu. Sedangkan secara substansi, Islam adalah agama penerang dimana semua ilmu pengetahuan bisa berkembang karena islam memiliki al-qur’an dan hadis sebagai pedoman dan setiap manusia diberi hak untuk mengembangkan setiap wawasan ilmu pengetahuan yang mereka miliki karena allah sudah memberikan akal kepada setiap manusia, dan salah satu bukti manusia berakal yaitu berkeyakinan sebagai bentuk rasa syukur atas anugrah allah yang luar biasa, Ilmu yang allah berikanlah yang mebuat manusia bisa berkembang. Dengan ilmu lah manusia bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk sehingga manusia lebih terarah dalam menajalani hidup, Allah juga memberikan anugrah emosi kepada manusia untuk manusia bisa semangat dalam menjalankan segala sesuatu, Gabungan ilmu dan emosi lah yang membuat manusia bisa berkembang dan bermanfaat.dan fungsi ilmu pengetahuan dalam proses kehidupan manusia tidak akan pernah berjalan sesuai fitrah tanpa adanya suatu pedoman maka kita selaku umat islam harus meletekan segalal sesuatu berdasakan Al-qur’an dan Hadis.
Analisis Struktur Persajakan Pada Puisi “Bahasa, Bangsa” Karya Mohammad Yamin Davina Pebrimireni
Concept: Journal of Social Humanities and Education Vol. 1 No. 3 (2022): September: Journal of Social Humanities and Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Yappi Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (88.995 KB) | DOI: 10.55606/concept.v1i3.66

Abstract

This study aims to examine (1) the structural form of the study contained in the poem Language, Nation by Mohammad Yamin. (2) analysis of the meaning contained based on the reader's point of view. The method used in this study is a qualitative descriptive method. The data acquisition used is by reading, listening and note-taking techniques. The data of this study is sourced from the poetry verse Language, Nation by Mohammad Yamin. The data analysis technique used in this study is the content analysis technique. The results of this study show that: (1) the intrinsic form of the structure in each array of poems is in the form of rhymes or old poems based on their sentence patterns (2) the analysis of the meaning in this poem is a sense of nationalism as a form of love and concern for language and nation.
PEMAKNAAN DALAM PUISI “BUKAN BETA BIJAK BERPERI” KARYA RUSTAM EFFENDI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN HERMENEUTIKA Dina Siti Patimah Dewi; Dewi Irma Rimadona; Dadan Firmansyah
Concept: Journal of Social Humanities and Education Vol. 1 No. 3 (2022): September: Journal of Social Humanities and Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Yappi Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.956 KB) | DOI: 10.55606/concept.v1i3.67

Abstract

Analyzing a literary work can be done in a wide variety of ways or approaches. This article discusses the hidden meaning of the poem by Rustam Effendi. This discussion aims to better understand the reader of the content of the poem. The theory used in this refrain is Zygmunt Bauman's Heurmenetic theory which focuses on the clarity of the message and the basic understanding of an obscure speech or writing. The method used in this analysis is a qualitative descriptive method where this research is carried out to examine an object with natural characteristics to create factual research results. The stages carried out in this discussion begin with analyzing the array, analyzing the structure that composes the text of the poem, objectifying the structure of the text, and interpreting the text of the poem. Thus, the results of this study can show the hidden meaning in the poem "Not Beta Bijak Berperi" by Rustam Effendi as a form of ideology that the poet uses in representing ideas in the form of poetry.
ANALISIS KELEMAHAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMK ANNIHAYAH DALAM BERPENDAPAT Agung Sudibyo
Concept: Journal of Social Humanities and Education Vol. 1 No. 3 (2022): September: Journal of Social Humanities and Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Yappi Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (65.804 KB) | DOI: 10.55606/concept.v1i3.69

Abstract

School is an element of activity that will accommodate various student characters. One of them is critical thinking. Critical thinking will have an impact on the learning process and the results that will be obtained by students. However, in critical thinking, it has a weakness that becomes something that must be improved. The purpose of this research is to examine the weaknesses of critical thinking of SMK students. The method used is a qualitative approach with descriptive analysis. Data collection techniques using observation and interview techniques. The results of this study are to describe the weaknesses of students in critical thinking

Page 1 of 17 | Total Record : 167