Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni

KAJIAN PSIKOANALISIS TOKOH AKU DALAM NOVEL KITA SEMUA PERNAH SEDIH KARYA BOY CANDRA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Indri Paulina Kakumboti (Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado)
Kamajaya Al Katuuk (Unknown)
Selfvi Torar (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis psikologi Id, Ego, dan Superego, serta konsekuensinya bagi pembelajaran sastra di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah penggalan dari novel Kita Semua Pernah Sedih Karya Boy Chandra. Secara spesifik, data yang dikumpulkan berbentuk kata dan frasa yang mendukung ekspresi karakter utama dalam novel, Aku. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik pencatatan (note taking). Selanjutnya, analisis data didasarkan pada teori psikoanalisis Sigmund Freud yang mencoba menjelaskan sifat dan evolusi jiwa manusia. Temuan tersebut mengungkapkan bahwa karakter Aku yang ditemukan dalam novel adalah keinginan karakter saya untuk selalu bersama dan mendorong karakter Aku agar menjadi pribadi yang kuat dalam menghadapi masalah kehidupan. Pada aspek Ego terlihhat bahwa karakter Aku berusaha melepaskan ketengikan di dalam, dan superego terelihat ketika karakter Aku mampu mendamaikan dan menerima masa lalunya. Konsekuensi pengajaran karya sastra di SMA dapat dipahami sejalan dengan KD 1.2 pada pembelajaran sastra kelas XII di tingkat SMA.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kompetensi

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in ...