Jurnal Manajemen dan Perbankan (JUMPA)
Vol. 10 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen dan Perbankan (JUMPA)

Komparasi Persepsi Strategi Pemasaran Toko Online Pada Konsumen di Jakarta Selatan

Hasibuam Nurdin Ahmad (Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957)
Wahab Samad Abdul (Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957)
Harisman (Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957)
Utami Dewi Dyah (Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957)
Nurhasanah Ismi (Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957)
Indah Paraswati Fanny (Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan strategi pemasaran (produk, harga, distribusi dan promosi) pada Lazada, Shopee, Tokopedia, Blibli.Com dan Bukalapak. Kegunaan hasil penelitian ini memberikan manfaat sebagai referensi kajian dalam strategi pemasaran toko online, kajian faktor untuk membandingkan strategi pemasaran, sebagai masukan dan pandangan terhadap strategi pemasaran dalam mengantisipasi meningkatnya persaingan.Penelitian ini adalah penelitian survey, yaitu penelitian yang mengambil sampel secara langsung dari populasi sebanyak. Lokasi penelitian dipilih pada konsumen toko online di Jakarta. Responden ditentukan dengan tehnik non probabilitas sampling, dengan metode penetapan sampel pada tipe purposive judgement sampling sebanyak 200 responden dengan kriteria; pengguna dan bertansaksi secara online shope pada Lazada, Shopee, Tokopedia, Blibli.Com dan Bukalapak, and konsumen berdomisili Jakarta. Uji yang digunakan dalam analisis yaitu Chisquare dan uji post hoc test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; konsumen setuju bahwa strategi pemasaran produk pada masing masing toko online berbeda baik dari segi kualitas produk maupun variasi produk, konsumen setuju bahwa strategi pemasaran harga yang diberikan pada masing-masing toko online berbeda baik dari segi harga yang terjangkau maupun harga sesuai dengan manfaat, konsumen setuju strategi pemasaran distribusi yang dilakukan pada masing-masing marketplace berbeda baik dari segi pendistribusian ataupun lokasi jangkauan, dan konsumen setuju bahwa strategi pemasaran promosi pada masing-masing toko online berbeda baik dari kupon atau potongan harga.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JUMPA

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen dan Perbankan  ( JUMPA ) adalah jurnal - jurnal yang berkaitan dalam bidang Manajemen  dan  Perbankan yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi  Y.A.I secara berkala. Jurnal Manajemen dan Perbankan  ( JUMPA ) are journals related to the field of Management and Banking ...