JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 3, No 1 (2023): Sipissangngi Volume 3, Nomor 1, Maret 2023

PELATIHAN GAYA KEPEMIMPINAN DAN TEAM WORK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KINERJA ORGANISASI KARANG TARUNA KELURAHAN MANDING

Nurfitriani Nurfitriani (Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Parepare)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2023

Abstract

Organisasi karang taruna bersinergi berada di kelurahan manding kecamatan polewali yang beranggotakan 26 orang pemuda, masa kepengurusan 2022-2026 yang terdiri atas mahasiswa, pekerja, dan pengangguran. Hasil wawancara dengan ketua organisasi yaitu masih kurangnya komunikasi antar anggota organisasi disebabkan masih dalam kepengurusan yang baru, kurangnya kerja sama disebabkan kesibukan masing-masing, dan jiwa kepemimpinan masih perlu ditingkatkan. PKM ini dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada seluruh pengurus organisasi karang taruna bersinergi kelurahan manding priode 2022-2026 terkait pentingnya gaya kepemimpinan dan team work dalam menunjang kinerja organisasi dilaksanakan di Aula Kelurahan Manding. Metode pelaksanaan terdiri atas tahap persiapan berupa wawancara dengan ketua karang taruna terkait permasalahan yang ada, mengurus administrasi dan sarana prasarana kegiatan. Tahap pelaksanaan yaitu pemberian pelatihan gaya kepemimpinan dan team work untuk meningkatkan kinerja organisasi karang taruna. Tahap evaluasi yaitu mengevaluasi proses kegiatan, kelancaran kegiatan, partisipasi anggota, dan kendala yang dihadapi. Hasilnya yaitu anggota organisasi hadir lengkap dan memberikan pertanyaan kepada pemateri. Peserta sangat antusias dan bersemangat karena menambah pengetahuan mereka terkait gaya kepemimpinan dan team work yang solid untuk mencapai kinerja organiasai. Peserta memahami apa yang menjadi kendala dari anggota organisasi dalam menjalankan perannya dan bagaimana bersikap terhadap seorang pemimpin dalam organisasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sipissangngi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Computer Science & IT Public Health Other

Description

SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar. Fokus penerbitan adalah publikasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh sivitas akademik dengan topik terkait pada ...