SINAU : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Vol. 7 No. 1 (2021): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NU JUNTINYUAT INDRAMAYU MELALUI PENERAPAN METODE ASSURE

Syukron Ma'mun (STKIP Pangeran Dharma Kusuma Segeran Juntinyuat Indramayu)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, Peningkatan hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPS 2 SMA NU Juntinyuat Indramayu, aktivitas siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar dengan penerapan metode pembelajaran ASSURE, keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan metode pembelajaran ASSURE dan respon siswa kelas XI IPS 2 SMA NU Juntinyuat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa tindakan, yang sengaja dimunculkan dan dalam kelas. Metode pembelajaran ASSURE adalah model desain sistem pembelajaran yang bersifat praktis dan mudah diimplementasikan untuk mendesain aktivitas pembelajaran, baik yang bersifat individual maupun klasikal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA NU Juntinyuat yang berjumlah 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan: Tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru mengelola pembelajaran dan angket respon siswa menggunakan model pembelajaran ASSURE. Analisis data menggunakan statistik sederhana yaitu persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan secara individual meningkat dari 76% menjadi 96% siswa yang tuntas belajar, persentase ketuntasan klasikal pun meningkat dari 60% menjadi 90%. Aktivitas guru dan siswa antara siklus I sampai siklus II telah mencerminkan penerapan model pembelajaran ASSURE. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran ASSURE meningkat dari perolehan skor rata-rata 2,65 dengan katagori baik menjadi 3,60 dengan katagori baik dan respon siswa terhadap model pembelajaran ASSURE dapat dikatakan baik. 94 persen dari 26 siswa berpendapat bahwa dengan belajar melalui model pembelajaran ASSURE dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sinau

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Sinau: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora (ISSN: 2461-1425 E-ISSN : 2685-1679 ) adalah jurnal ilmiah yang berfokus pada kajian dan penelitian di bidang Ilmu Pendidikan dan Humaniora di Indonesia. Fokus pembahasannya mencakup Seputar Pendidikan, Penelitian tindakan Kelas, Ilmu Sejarah, Pendidikan ...