cover
Contact Name
AKHMADR IFAI
Contact Email
akhmadrifai@padhaku.ac.id
Phone
+628111701926
Journal Mail Official
jurnalsinau@gmail.com
Editorial Address
https://jurnal.padhaku.ac.id/index.php/sinau/about/editorialTeam
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
SINAU : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
ISSN : 24611425     EISSN : 26851679     DOI : https://doi.org/10.37842/sinau
Core Subject : Education, Social,
Sinau: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora (ISSN: 2461-1425 E-ISSN : 2685-1679 ) adalah jurnal ilmiah yang berfokus pada kajian dan penelitian di bidang Ilmu Pendidikan dan Humaniora di Indonesia. Fokus pembahasannya mencakup Seputar Pendidikan, Penelitian tindakan Kelas, Ilmu Sejarah, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, PGSD, dan Biologi. Sinau: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora diterbitkan dua kali setahun (April dan Oktober) oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STKIP Pangeran Dharma Kusuma Indramayu, Jawa Barat. Sinau: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora menyambut baik artikel-artikel dari para sarjana, peneliti, guru, dosen dari berbagai latar belakang dalam bidang Ilmu Pendidikan dan Humaniora. Artikel yang diserahkan ke Sinau: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
Articles 75 Documents
PENERAPAN STRATEGI PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 2 SUMBER KABUPATEN CIREBON Megayani; Nurhalimah
Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol. 1 No. 01 (2015): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM STKIP Pangeran Dharma Kusuma Segeran Juntinyuat Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37842/sinau.v1i01.1

Abstract

Biologi pada hakekatnya terdiri dari produk dan proses. Pembelajaran biologi di sekolah tidak cukup hanya dengan teori saja, tetapi memerlukan obsevasi ataupun praktikum untuk memperoleh pengalaman langsung, sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran IPA di kelas VII SMP Negeri 2 Sumber Kabupaten Cirebon masih menggunakan metode teacher center yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru. Untuk merubah pola pembelajaran teacher center, salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, yakni penerapan strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE). Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengkaji aktivitas siswa pada saat pembelajaran biologi dengan penggunaan strategi PredictObserve-Explain (POE) (2) untuk mengkaji perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi yang menggunakan strategi Predict-Observe-Explain (POE) (3) untuk mengkaji respon siswa terhadap penggunaan strategi Predict-Observe-Explain (POE). Strategi pembelajaran Predict-Observe Explain (POE) sebaiknya mampu dijadikan salah satu inovasi dalam pembelajaran untuk menunjang keberhasilan dalam belajar siswa. Karena belajar sains tidak hanya menuntut seseorang untuk menguasai konsep pelajaran semata melainkan harus secara langsung (Kontekstual) dengan adanya objek yang diamati dan melalui tahapan metode ilmiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen dengan pendekatan Kuantitatif dan design penelitian PretestPosttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling yakni sampel dipilih oleh guru ahli yang ada di wilayah penelitian, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes (pretest-postest), dan angket. Sampel yang diambil adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 36 siswa dan kelas VII E sebagai kelas kontrol sebanyak 36 siswa. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan SPSS 16 for windows melalui uji normalitas, homogenitas dan uji t. Hasil penelitan menunjukkan bahwa (1) aktivitas siswa pada kegiatan pembelajaran menggunakan strategi Predict-Observe-Explain (POE) termasuk dalam kriterika baik (2) berdasarkan uji t, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar antara siswa yang menggunakan strategi PredictObserve-Explain (POE) dengan yang tidak menggunakan strategi Predict-Observe-Explain (POE). Terbukti dari hasil uji t menggunakan SPSS 16 diperoleh sig. 0,000 < (0,05) yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol (3) berdasarkan hasil analisis angket sebagian besar siswa merespon dengan sangat baik penggunaan strategi Predict-Observe-Explain (POE) pada materi pencemaran lingkungan, hal ini terbukti dari hasil angket dengan rata-rata skor sebesar 80,6 % yang tergolong kuat.
PENGARUH GURU DAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP KESADARAN GENDER SISWA KELAS XI SMAN I SINDANG INDRAMAYU Nunung Nurjanah
Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol. 1 No. 01 (2015): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM STKIP Pangeran Dharma Kusuma Segeran Juntinyuat Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37842/sinau.v1i01.3

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh guru dan pendidikan kewarganegaraan terhadap kesadaran gender pada siswa kelas XI SMA N I Sindang Indramayu. Populasi penelitian adalah siswa SMA N I sindang Kelas XI, penentuan jumlah sampel penelitian menggunakan rumus dari Taro Yamane dengan jumlah sampel sebanyak 80 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner guru, pendidikan kewarganegaraan dan gender. Teknik analisis statistik yang dipakai adalah pearson product moment dan korelasi pada taraf signifikan 0.001. Hasil penelitian : terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara guru dan pendidikan kewarganegaraan dengan kesadaran gender siswa SMA N I Sindang Indramayu kelas XI dengan nilai korelasi antara variabel guru (xI) dan variabel gender (y) adalah positif 0.402, nilai korelasi antara variabel pendidikan kewarganegaraan (x2) dan variabel gender (y) adalah positif sebesar 0.471. Nilai korelasi antara variabel bebas (guru dan Pendidikan Kewarganegaraan) dan variabel terikat (gender) adalah positif sebesar 0.402.
ANALISIS ANGGARAN SEBAGAI ALAT PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PEMBANGUNAN DAERAH DI KABUPATEN INDRAMAYU (Studi Pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Indramayu Tahun 2011 – 2015) Yuyud Susilo
Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol. 1 No. 01 (2015): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM STKIP Pangeran Dharma Kusuma Segeran Juntinyuat Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37842/sinau.v1i01.4

Abstract

Era globalisasi menunjang peningkatan pembangunan di segala bidang baik pembangunan nasional maupun pembangunan daerah. Terlebih pada era ini keleluasaan daerah dalam menyusun dan menetapkan kebijakan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat lebih terbuka dengan dilaksanakannya otonomi daerah. Sehingga daerah dapat juga menyusun perencanaan pembangunan yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah dan aspirasi masyarakat setempat, agar pembangunan yang direncanakan dapat tepat sasaran demi kesejahteraan masyarakat dan efisiensi anggaran. Berkaitan dengan hal tersebut diatas bahwa Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Indramayu Tahun 2011 - 2015 merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program Kepala Daerah yang penyusunannya berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Indramayu Tahun 2005 – 2025 dengan tetap memperhatikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang memuat arah kebijakan keuangan daerah, strategi pembangunan daerah, kebijakan umum, dan program Satuan Kerja Perangkat Daerah, lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah, dan program kewilayahan disertai dengan rencana-rencana kerja dalam kerangka regulasi dan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif. Sehingga dalam melakukan penelitian ini penulis bertujuan untuk menganalisis fungsi dan peranan anggaran dalam perencanaan dan pengendalian pembangunan daerah selama kurun waktu Tahun 2011–2015. Selain itu juga untuk menganalisis proses pembiayaan pembangunan daerah yang ada di Kabupaten Indramayu selama kurun waktu Tahun 2011–2015. Serta untuk menganalisis Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Indramayu Tahun 2011– 2015 dalam memberikan arah pembangunan daerah yang berkesinambungan.
KONDISI EKONOMI CIREBON PADA MASA JEPANG Eva Nur Arovah
Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol. 1 No. 01 (2015): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM STKIP Pangeran Dharma Kusuma Segeran Juntinyuat Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37842/sinau.v1i01.5

Abstract

Salah satu usaha Jepang untuk menopang upaya perang dan rencana-rencananya bagi dominasi ekonomi jangka panjang terhadap Asia Timur dan Asia Tenggara adalah dengan menyusun dan mengarahkan kembali perekonomian Indonesia. Berkenaan dengan hal itu Jepang mengeluarkan peraturan-peraturan baru dan kebijakan yang mengendalikan dan mengatur kembali hasil-hasil utama perekonomian Indonesia beserta harga berbagai komoditi. Dampak yang ditimbulkan adalah kekacauan dan penderitaan bagi rakyat Indonesia. Demikian juga situasi di Cirebon. Kesulitan itu, bukan hanya menyentuh sisi ekonomi tapi juga merambah ke sisi sosial dan politik masyarakat Cirebon. Tulisan ini berusaha menggambarkan kondisi Cirebon khususnya bidang perekonomian pada masa penjajahan Jepang.
BABAD DARMAYU: PEMBERONTAKAN BAGUS RANGIN DI INDRAMAYU PADA AWAL ABAD KE-19 NURHATA
Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol. 1 No. 01 (2015): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM STKIP Pangeran Dharma Kusuma Segeran Juntinyuat Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37842/sinau.v1i01.8

Abstract

Dengan mendasarkan pada naskah Babad Darmayu, artikel ini berusaha menguraikan sejarah pemberontakan Bagus Rangin di Indramayu pada awal abad ke-19. Konflik intern di tubuh keluarga dalem (bupati) Indramayu, yang melibatkan pemerintah Hindia Belanda menjadi titik awal bagi intervensi langsung Batavia atas Indramayu. Pada saat yang bersamaan, pemberontakan meletup di berbagai tempat. Penyebabnya adalah penjualan tanah penduduk kepada orang Cina. Kehadiran tentara Batavia di Indramayu hanya memperbesar aksi massa pemberontakan, alih-alih meredam. Bagus Rangin memegang peranan penting dalam melancarkan gerakan itu. Pasukan Dalem Raden Semangun Singalodraka tidak sanggup menghentikan amuk massa pemberontak yang terus membesar. Pemberontakan baru berhenti setelah tentara Hindia Belanda, pasukan dalem Indramayu, dan orang Cina bergabung melakukan penumpasan.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF Ratna Dewi Lestyorini
Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol. 1 No. 01 (2015): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM STKIP Pangeran Dharma Kusuma Segeran Juntinyuat Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37842/sinau.v1i01.9

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat mana yang lebih baik peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemampuan disposisi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran konflik kognitif dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan mix method dengan strategi embedded konkuren, merupakan metode penelitian yang mengkombinasikan penggunaan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara simultan/ bersama-sama (atau sebaliknya), tetapi bobot metodenya berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI Multimedia SMK Pelita Jatibarang, Kabupaten Indramayu. Instrumen yang digunakan meliputi soal tes kemampuan berpikir kritis matematis, skala angket kemampuan disposisi matematis siswa, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konflik kognitif dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konflik kognitif lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajarankonvensiona dilihat dari kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, dan rendah), 3) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konflik kognitif dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan 4) Peningkatan kemampuan diposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konflik kognitif lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dilihat dari hasil skor angket.
AKAR KONFLIK SURIAH (Tinjauan Deskriptif Historis) Roni Tabroni
Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol. 1 No. 01 (2015): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM STKIP Pangeran Dharma Kusuma Segeran Juntinyuat Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37842/sinau.v1i01.10

Abstract

Konflik di Suriah adalah sebuah konflik yang kompleks dan merupakan sebuah konflik yang panjang. Konflik ini begitu memberi dampak yang besar bukan hanya di kawasan Timur Tengah tapi juga pada cakupan yang lebih luas. Benih-benih konflik ini sebenarnya sudah ada jauh sebelum pemberontakan pertama di bulan Maret 2011. Dalam tataran konflik, sebelum kita menemukan akar dari konflik tersebut maka kita akan susah untuk menemukan cara mengatasinya. Dalam artikel ini ada dua hal yang menjadi akar dari semua konflik di Suriah. Konflik Sunni-Syiah dan intervensi asing. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif historis, di mana pembahasannya dibatasi pada tinjauan terhadap semua hal yang menjadi akar konflik Suriah khususnya sejak Suriah merdeka sampai sekarang. Kemudian dibantu teori legitimasi politik yang berpadu dengan teori pembangunan politik (statebuilding) sebagai alat utama untuk memberikan alternatif solusi mengatasi semua akar konflik tersebut.
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, LINGKUNGAN, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAILKEM) TERHADAP KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASI MATA PELAJARAN IPA Ulin Niam
Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol. 1 No. 01 (2015): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM STKIP Pangeran Dharma Kusuma Segeran Juntinyuat Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37842/sinau.v1i01.11

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan klasifikasi siswa yang kurang dalam mata pelajaran IPA. Kemampuan klasifikasi merupakan salah satu keterampilan dalam keterampilan proses sains. Hal ini disebabkan rendahnya minat siswa dalam belajar sains. Metode pembelajaran klasik juga mempengaruhi motivasi belajar siswa, anggapan bahwa pelajaran IPA sulit belum bisa dihilangkan dalam pemikiran siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, digunakan pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAILKEM). Tidak hanya guru yang aktif dan kreatif namun siswa juga diharapkan dapat mengembangkan potensi yang dimiliki. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh Pendekatan PAILKEM terhadap perbedaan peningkatan kemampuan mengklasifikasi siswa pada pokok bahasan Pesawat Sederhana dan ingin mengetahui respon siswa yang belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan desain Pretest and Postest Group Desain. Lokasi penelitian di SDN Karangampel Kidul II Kec.Karangampel Kab.Indramayu. Subjek penelitian ini siswa kelas Va dan Vb dengan masing – masing jumlah siswa 22 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan mengklasifikasi siswa kelas Va, sedangkan peningkatan kemampuan klasifikasi siswa kelas Vb tidak signifikan dan masih ada siswa yang belum memenuhi standar KKM mata pelajaran IPA. Berdasarkan analisis Uji Mann Whitney untuk mengetahui perbedaan skor rata – rata pretes dan postes pada kedua kelas didapatkan nilai Z=-2,5999 dan Asymp.Sig.(2-tailed) 0,009 yang lebih kecil dari nilai ttabel yaitu 0,05. Kesimpulan berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut yaitu tolak Ho karena nilai sig. < 0,05 dan terima Ha yang berbunyi : Pendekatan PAILKEM memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengklasifikasi siswa kelas V SDN Karangampel Kidul II dalam mata pelajaran IPA pada pokok bahasan Pesawat Sederhana.
PEMAHAMAN HAKIKAT KEMANUSIAAN SEBAGAI PENENTU ARAH PENDIDIKAN ISLAM Frenky Mubarok
Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol. 1 No. 01 (2015): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM STKIP Pangeran Dharma Kusuma Segeran Juntinyuat Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37842/sinau.v1i01.12

Abstract

Metode pendidikan yang diterapkan bagi peserta didik tidak bisa dilepaskan dari konsep dasar pemikiran tentang manusia dan kemanusiaannya. Karena itu, maka sangatlah penting bagi setiap penyelenggara pendidikan memiliki dasar pemikiran dari proses pendidikan yang akan dijalankan. Dengan menggunakan analisis studi pustaka dan metode tafsir sufistik, tulisan ini menjelaskan bahwa beberapa proses pendidikan harus dimulai dari sebuah pemahaman yang utuh terhadap sisi kemanusiaan. Ironisnya pemahaman tentang konsep manusia dalam Islam seringkali dilupakan oleh para penyelenggara pendidikan Islam sendiri sehingga arah dan tujuan pendidikan di dalam Islam tidak tercapai secara maksimal.
PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING DAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS Lutfi Rohmawati
Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol. 6 No. 2 (2020): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM STKIP Pangeran Dharma Kusuma Segeran Juntinyuat Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37842/sinau.v6i2.13

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan setelah proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi dengan mengunakan metode Discovery Learning dan metode Problem Solving. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian eksperimen. Penelitian ini berlokasi di SMA Negeri Patokbesi dengan subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 yang menggunakan metode Discovery Learning dan kelas XI IPS 2 yang menggunakan metode Problem Solving. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pilihan ganda, dan pengolahan data dilakukan dengan melakukan uji normalitas, homogenitas dan N-gain dengan uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjuukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan setelah proses pembelajaran, serta hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Metode Discovery Learning lebih efektif dibandingkan metode Problem Solving dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi.