Progressa: Journal of Islamic Religious Instruction
Vol. 7 No. 1 (2023): Februari

Perbandingan Sikap Disiplin Siswa MI Miftahun Najah dan SDN Mojogebang Kemlagi Mojokerto

Hasan HA Buro (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Wijaya, Mojokerto)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui seberapa besar signifikan sikap disiplin siswa di MI Miftahun Najah Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Untuk mengetahui seberapa besar signifikan sikap disiplin siswa di SDN Mojogebang Kemlagi Mojokerto Tahun Pelajaran 2022/2023. 3) Untuk mengetahui adakah perbedaan yang signifikan sikap disiplin siswa di MI Miftahun Najah dan SDN Mojogebang Kemlagi Mojokerto Tahun Pelajaran 2022/2023. Populasi penelitian dalam penyusunan jurnal ini adalah siswa kelas VI di MI Miftahun Najah Dan SDN Mojogebang yang berjumlah 41 siswa, dengan rincian siswa kelas VI MI Miftahun Najah yang berjumlah 24 dan siswa kelas VI SDN Mojogebang Kemlagi Mojokerto berjumlah 17 siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi yang dilakukan kepada 41 siswa interpretasinya adalah siswa yang mendapat penilaian sangat baik sebanyak 389 item atau 94,88%, yang mendapat penilaian baik sebanyak 21 item atau 5,12%, yang mendapat penilaian cukup baik sebanyak 0 item atau 0%, yang mendapat penilaian kurang baik sebanyak 0 item atau 0% dan yang mendapat penilaian sangat kurang baik sebanyak 0 item atau 0%. Dari hasil tersebut terlihat bahwa lebih banyak responden yang mendapat penilaian “sangat baik” hal ini menunjukkan bahwa sikap disiplin di MI Miftahun Najah sangat tinggi. 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi yang dilakukan kepada 41 siswa berikut interpretasinya. Dari hasil observasi yang dilakukan tersebut dapat diketahui bahwa siswa yang mendapat penilaian sangat baik sebanyak 317 item atau 77,32 %, yang mendapat penilaian baik sebanyak 21 item atau 5,12%, yang mendapat penilaian cukup baik sebanyak 32 item atau 7,80 %, yang mendapat penilaian kurang baik sebanyak 18 item atau 4,39 % dan yang mendapat penilaian sangat kurang baik sebanyak 22 item atau 5,37 %. Dari hasil tersebut terlihat bahwa lebih banyak responden yang mendapat penilaian “sangat baik” hal ini menunjukkan bahwa sikap disiplin di SDN Mojogebang sangat tinggi. 3) Untuk mengetahui sejauh mana komparasi sikap disiplin siswa di MI Miftahun Najah dengan sikap disiplin siswa di SDN Mojogebang, pada uji parametrik (Mann-Whitney U) dinyatakan bahwa skor Asymp. Sig/Asymptotic significance dua sisi adalah 0.04. Di sini didapat probabilitasnya di bawah 0,05. Maka H0 diterima atau tidak terdapat perbedaan yang signifikan sikap disiplin siswa di MI Miftahun Najah dan SDN Mojogebang Kemlagi Mojokerto Tahun Pelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pgr

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Progressa, a periodic scientific publication since 2017 published 2 (two) times a year using a peer-reviewed system in article selection. Scientific work on research results, surveys, and literature review closely related to the field of Islamic religious education viewed from various perspectives: ...