Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA
Vol 7, No 1 (2023): Vol 7, No 1 (2023)

Pelatihan Olimpiade Sains Nasional Bidang Kebumian Melalui Pendekatan Strategis

Ogi Danika Pranata (Institut Agama Islam Negeri Kerinci)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2023

Abstract

Olimpiade Sains Nasional (OSN) bertujuan untuk mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertalenta. Terdapat 9 bidang OSN untuk jenjang SMA/sederajat. Salah satu bidang yang paling unik dan menantang adalah Kebumian yang ditunjukkan oleh ruang lingkup, tingkat kesulitan, dan eksistensi kebumian di mata siswa. Oleh karena itu pihak sekolah menerapkan pendekatan strategis untuk menghadapinya. Metode Community-Based Research (CBR) diterapkan dalam bentuk pelatihan melalui pembelajaran. Proses pembelajaran menggunakan pendekatan strategis (strategic approach) dalam sebelas kali pertemuan yang terbagi ke dalam dua fase. Fase pertama terdiri dari enam pertemuan yang bertujuan untuk menyeleksi peserta di Tingkat Sekolah. Fase kedua terdiri dari lima pertemuan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman materi. Modul pembelajaran didesain dalam bentuk penjabaran materi dan 30 butir soal tes formatif. Berdasarkan perbandingan data kedua fase, pemahaman dan keyakinan peserta dalam menjawab soal meningkatkan secara signifikan. Tidak hanya fokus pada pemahaman, OSN juga menghadirkan nuansa baru dalam dunia pendidikan, baik dari sisi kompetensi, kompetisi ataupun evaluasi. Persiapan melalui pelatihan hanyalah kontribusi kecil dari sekolah dan pelatih selaku penulis untuk mendukung kegiatan OSN dari salah satu pelosok negeri. Penulis berharap adanya langkah besar yang akan diambil segera untuk memberikan perubahan yang diharapkan dalam kegiatan Olimpade Sains Nasional. Salah satu langkah besar yang mulai tampak, namun belum terjangkau oleh penulis sendiri adalah menghadirkan Kebumian sebagai mata pelajaran baru di sekolah.

Copyrights © 2023