Kepuasan mahasiswa adalah tingkat perasaan mahasiswa setelah mendapatkan pelayanan dari suatu kepentingannya. Perasaan tersebut timbul karena mahasiswa membandingkan harapan mengenai jasa yang akan diperoleh dengan kenyataan yang ada. Kepuasan itu sifatnya subjektif dan penilaian tetap tergantung kepada mahasiswa yang memperoleh pelayanan itu. Dengan demikian dibutuhkan rumusan untuk mengukur tingkat kepuasan tersebut lalu di analisa dan di ambil keputusan mengenai tingkat kepuasan yang diperoleh. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dari mahasiswa aktif, dimana kuesioner disebar dalam bentuk google formulir disebabkan pembelajaran masih dilakukan secara daring oleh karena pandemi covid-19. Dalam penelitian ini, tujuan yang dilakukan adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan oleh perguruan tinggi AMIK Medan Business Polytechnic dengan metode Importance Performance Analysis (IPA), yaitu menggunakan atribut Wujud (Tangibles), Keandalan (realibility), Ketanggapan (responsiveness), Kepastian (Assurance), Empati (Empathy). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil rata-rata tingkat kesesuaian antara kinerja (Performance) dan kepentingan (Importance) sebesar 95% dan itu berarti kriteria tingkat kesesuaian sudah sangat sesuai. Namun oleh karena nilai tingkat kesesuaian masih kurang dari 100% maka masih perlu dilakukan perbaikan terhadap kualitas pelayanan di kampus AMIK Medan Business Polytechnic.
Copyrights © 2022