Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7 No 1: Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023

Pengaruh Kemampuan Awal Matematis dan Model Learning Cycle 5e Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dan Kemandirian Belajar Matematis Siswa

Yulia Rinanda Hasibuan (Universitas Negeri Medan)
Nerli Khairani (Universitas Negeri Medan)
Edy Surya (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan awal matematis siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kemandirian belajar matematis siswa, mengetahui pengaruh model Learning Cycle 5E berbantuan Geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kemandirian belajar matematis siswa, dan mengetahui pengaruh interaksi kemampuan awal matematis siswa dan model Learning Cycle 5E berbantuan Geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kemandirian belajar matematis siswa. Penelitian ini di laksanakana di kelas VIII SMP Plus Jabal Rahmah Mulia Medan yang terdiri dari 19 siswa pada kelas eksperimen dan 20 siswa pada kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes Kemampuan Awal Matematis (KAM), tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket kemandirian belajar matematis siswa yang kemudian akan dianalisis menggunakan dengan uji Anova dua jalur (Two Way Anova). Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh kemampuan awal matematis siswa secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kemandirian belajar matematis siswa, (2) Terdapat pengaruh model Learning Cycle 5E berbantuan Geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kemandirian belajar matematis siswa, (3) Tidak terdapat pengaruh interaksi kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang, rendah) dan model Learning Cycle 5E berbantuan Geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kemandirian belajar matematis siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...