Penelitian ini adalah jenis penelitian kepustakaan (library research) yang menjadikan bahan pustaka sebagai sumber utama. Hasil penelitian ini pertama, memberikan landasan berfikir mendalam, sistematis, reflektif dan universal dalam memahami esensi pendidikan untuk apa pendidikan, dan bagaimana idealnya pendidikan itu dilaksanakan. Kedua, memahami esensi pendidikan melalui pencapaian dan penelaahan terhadap konsep-konsep filosofis ajaran Islam al-Qur’an dan Hadits yang pada gilirannya akan melahirkan teori-teori atau kerangka konseptual bagi pelaksanaan dan pengembangan pendidikan Islam. Ketiga, memberikan landasan berfikir mendalam kepada pendidik dalam menganalisis secara kritis berbagai unsur atau komponen yang terkait dengan pendidikan Islam, seperti: (a) esensi manusia sebagai makluk jismiyah dan ruhiyah, (b) esensi ilmu pengetahuan sebagai muatan pendidikan Islami, (c) esensi al-Qur’an dan Hadits sebagai kurikulum pendidikan Islami, (d) esensi metode sebagai instruen bagi memudahkan penanaman ilmu, (e) esensi evaluasi untuk mengukur dan menilai kualitas kinerja dan kepribadian setiap Muslim.
Copyrights © 2023