Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal
Vol 13 No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Permas: jurnal Ilmiah STIKES Kendal: April 2023

Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Dimensi Mutu Pelayanan Tempat Pendaftaran

Anis Ansyori (ITSK RS Dr. Soepraoen Malang)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2023

Abstract

Pelayanan yang baik dari suatu Rumah Sakit akan membuktikan bahwa Rumah Sakit tersebut bermutu baik. Pelayanan kesehatan bermutu yaitu yang memenuhi kebutuhan dan keinginan pasien agar pasien merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit dengan melakukan pelayanan prima Peran tenaga medis dalam memberikan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit menjadi sangat penting, karena kinerja petugas kesehatan akan menentukan persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan yang diberikan dan kepuasan atas pelayanan yang diterima. Salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit adalah kepuasan pasien. Penelitian ini adalah penelitian korelasional kuantitatif, Pengambilan sampel yang digunakan dengan jenis teknik Quota Sampling. Pengaruh tingkat kepuasan pasien rawat jalan pada dimensi tangible, emphaty, assurance, reliability dan responsiveness diketahui bahwa signifikan masing – masing 0,000 , maka dengan p<α (α=5%)= Ho ditolak. Artinya secara serentak variebel bebas independen (tangible, emphaty, assurance, reliability dan responsiveness) berpengaruh terhadap variable dependent (kepuasan pasien) di Rumkitban Malang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PSKM

Publisher

Subject

Education Nursing Public Health Veterinary

Description

Jurnal ilmiah permas: jurnal ilmiah stikes kendal (JIPJISK) merupakan bagian integral dari jurnal yang diterbitkan oleh LPPM STIKES Kendal. JIPJISK merupakan sarana pengembangan dan publikasi karya ilmiah bagi para peneliti, dosen dan praktisi. JIPJISK menerbitkan artikel-artikel yang merupakan ...