Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kepraktisan dari e-LKPD bermuatan program linear dengan pendekatan computational thinking untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Man 2 Sleman sebanyak 10 siswa yang dipilih secara acak. Penelitian ini menggunakan kuesioner USE yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan mendapatkan hasil yang baik dari tiap aspek kuesioner USE yaitu pada aspek kegunaan memperoleh skor rata – rata 3,03, aspek kemudahan penggunaan memperoleh rata – rata 3,04, aspek kemudahan belajar memperoleh rata – rata 3,08, dan aspek kepuasan memperoleh rata – rata 3,07. Hal ini menunjukkan bahwa dalam penggunaan e-LKPD bermuatan program linear dengan pendekatan computational thinking untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa baik dan praktis dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2023