Setiap kegiatan penelitian tertentu mempunyai maksud dan tujuan, berdasarkan perumusan permasalahan yang ada, maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran Penjasorkes Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tualang. Sebagai bahan acuan dan perbandingan sederhana bagi peneliti berikutnya yang ingin melanjutkan penelitan ini dengan kajian yang sama atau aspek lainnya pada masa yang akan datang. Untuk menanamkan kreativitas guru dalam usaha pembenahan pembelajaran. Meningkatkan kesadaran peserta didik dalam proses pembelajaran penjasorkes. Menambah pengetahuan, pemahaman, pengalaman, dan wawasan dalam meningkatkan kompetensi penulis. Metode penlitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan kuisioner. Hasil dari penelitian motivasi peserta didik dalam pembelajaran penjasorkes kelas VIII di SMP Negeri 1 Tualang, aspek kesehatan memiliki persentase 78.4% termasuk dalam kategori baik. Aspek perhatian memiliki persentase 83.1% termasuk dalam kategori sangat baik. Aspek minat dan bakat memiliki persentase 69% termasuk dalam kategori baik. Aspek metode mengajar memiliki persentase 83.6% termasuk dalam kategori sangat baik. Aspek alat pelajaran memiliki persentase 72.8% termasuk dalam kategori baik. Dan aspek kondisi lingkungan memiliki persentase 71.5% termasuk dalam kategori baik. Kata Kunci : Motivasi, Pembelajaran, Penjasorkes
Copyrights © 2023