Al-I´lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Vol 6, No 2 (2023): Maret 2023

Penerapan Digital Marketing Di Masa Pandemi Covid-19: Suatu Tinjauan Pada Instagram Dan Tiktok Apple Green Hotel

Muhammad Asnan (Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya Universitas Gajayana Malang)
Novi Ratriningtyas (Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya Universitas Gajayana Malang)
Eko Budi Siswandoyo (Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya Universitas Gajayana Malang)
Nur Laeli Mucharomah (Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya Universitas Gajayana Malang)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2023

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan digital marketing yang dilakukan Apple Green Hotel dalam upaya mempromosikan produknya pasca mengalami krisis penurunan penjualan secara signifikan imbas mewabahnya Covid-19. Saluran utama digital marketing yang digunakan adalah social media marketing instagram dan tiktok. Jenis penelitian termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara key informan diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa aspek yang dipertimbangkan dalam mendesain konten instagram dan tiktok di antaranya melalui visualiasi menarik dengan caption informatif dan persuasif. Tujuan yang diharapkan adalah agar audiens mudah memahami isi pesan yang disampaikan. Apple Green Hotel juga memperhatikan tiga elemen konsep dari digital marketing yaitu traffic, conversion, dan engagement.Abstract: The purpose of this research to describe the aplication of digital marketing by Apple Green Hotel in an effort to promote its products after experiencing a crisis in the form of a decrease in sales due to the Covid-19 outbreak. The main channel of digital marketing is used namely social media marketing instagram and tiktok. This type of research is a descriptive study with a qualitative approach. Data collection techniques using interviews, observation and documentation. Key Informants were obtained using purposive sampling technique. The result of the research shows that there are some aspects that need to be considered in designing Instagram and Tik Tok content. One of it is attracting visualization with informative and persuasive caption. The expected aim is the audiences understand easily the message content. Apple green hotel considers three concept elements in digital marketing namely, traffic, conversion, and engagement

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jail

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Komunikasi dan Dakwah merupakan isu yang saban hari semakin "panas". Komunikasi selalu menjadi panas karena isu-isu besar hari-hari ini muncul karena ulah. Komunikasi baik media, komunikator maupun konten komunikasi itu sendiri. Manakala dakwah merupakan "program agama" yang tidak mungkin lepas dari ...