Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management)
Vol 13 No 1 (2023): Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (JPSL)

Empowerment of the Community of Cisantana as a buffer village of Gunung Ciremai National Park through Ecotourism Program

Nuno Alvares de A. Pereira (Unknown)
Harnios Arief (Department of Forest Conservation Resources and Ecotourism, Faculty of Forestry and Environment IPB University, Bogor 16680, Indonesia)
Rachmad Hermawan (Department of Forest Conservation Resources and Ecotourism, Faculty of Forestry and Environment IPB University, Bogor 16680, Indonesia)
Adjat Sudradjat (PT Greenhill, Ciwidey, Bandung, 40973, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2023

Abstract

Kesejahteraan masyarakat desa penyangga merupakan faktor yang mempengaruhi kelestarian Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah pemberdayaan masyarakat dengan mengembangkan dan mengelola wisata alam melalui pola kemitraan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian di desa penyangga yaitu Desa Cisantana dengan tujuan; mengkaji potensi pengembangan Objek dan Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA), mengidentifikasi tingkat pengaruh dan kepentingan pemangku kepentingan, menganalisis manfaat dan tren pengembangan wisata alam, serta strategi pengembangan dan pengelolaan ODTWA. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan penelusuran kepustakaan. Analisis yang digunakan; ADO ODTWA (Analisi Daerah Operasional-Objek Daya Tarik Wisata Alam), Analisis Tingkat Pengaruh dan Kepentingan Stakeholder, dan Analisis Deskriptif Kualitatif. ODTWA bumi perkemahan Palutungan layak untuk dikembangkan. Balai TNGC dan Koperasi Alam Citra Mandiri adalah pemain kunci. Program kemitraan memberikan manfaat sosial ekonomi bagi masyarakat Desa Cisantana. Strategi pengembangan dan pengelolaan ODTWA dapat mengadopsi Model Pentahelix, yang mendorong penguatan kolaborasi pariwisata melalui optimalisasi peran BGCAM. Keterlibatan pihak swasta dalam pengembangan produk wisata di ODTWA diperlukan tetapi harus didominasi oleh masyarakat lokal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpsl

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Earth & Planetary Sciences Environmental Science

Description

JPSL publishes articles in fields: Environmental Policy and Management, Disaster Mitigation, Regional Planning, Land Resources Evaluation, Hidrology, Systems Modelling and Sciences, Water Pollution, Air Pollution, Environmental Technology, Ecotourism, Biodiversity, Environmental Economics, Public ...