Duconomics Sci-meet (Education & Economics Science Meet)
Vol 2 (2022): Implementing Education and Economic Standard Throughout ASEAN Nations

Pengembangan Bahan Ajar Statistik Pendidikan Berbasis Learning Cycle 5E dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Hasil Belajar

Agus Abdillah (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar Statistika Pendidikan berbasis Learning Cycle 5E. Penelitian ini menggunakan model Research and Development. Rata-rata hasil validasi dari ahli evaluasi & kurikulum dan ahli materi adalah 3,64 dan 3,69 (sangat valid). Artinya bahan ajar dikatakan layak. Kepraktisan diperoleh dari respon siswa terhadap bahan ajar sebesar 93,68% (sangat positif) dan observasi keterlaksanaan bahan ajar dengan rata-rata 1,73 (terlaksana seluruhnya). Dengan demikian bahan ajar dikatakan sangat praktis. Selanjutnya keefektifan bahan ajar diukur dengan menggunakan uji sampel berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar Statistika Pendidikan yang telah dikembangkan. Dengan kata lain rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar Statistika Pendidikan berbasis Learning Cycle 5E mengalami peningkatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

duconomics

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The Education and Economics Science Meet (Duconomics Sci-meet) is a national scientific meeting in the fields of education and economics held under the auspices of the Center for the Study of Economics (Puskanomi), Indraprasta University PGRI, Jakarta. This event includes seminars, call for papers, ...