Jurnal Bioedukasi
Vol 2, No 1 (2013)

PENGARUH PENERAPAN MODEL READING, QUESTIONING, AND ANSWERING (RQA) TERHADAP PENGETAHUAN METAKOGNITIF SISWA KELAS XI IPA SMA Negeri 2 KOTA TERNATE

Haerullah, Ade ( Dosen Prodi Biologi FKIP Unkhair)
Hi. Usman, Fadila ( Alumni Prodi Pendidikan Biologi FKIP Unkhair)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2015

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa salah satunya adalah model pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA). RQA dianggap suatu model pembelajaran yang berlandaskan pada teori pembelajaran konstruktivisme. Model pembelajaran RQA ini merupakan model yang baru dikembangkan berdasar kenyataan bahwa hampir semua siswa yang ditugaskan membaca materi belajar terkait pembelajaran yang akan datang selalu tidak membaca. Akibatnya model pembelajaran yang dirancang sulit atau tidak terlaksana, dan pada akhirnya pemahaman terhadap materi pembelajaran menjadi rendah atau bahkan sangat rendah.Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui   pengaruh   model   pembelajaran   Reading, Questioning,  and  Answering  (RQA)  terhadap  kemampuan  metakognitif  dan  pengusaan  konsep Biologi siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Ternate pada materi Sistem Reproduksi dengan menggunakan metode penelitian quasi eksperiment dengan sampel siswa kelas XI IPA 2  (kelas eksperimen) dan siswa kelas XI IPA 3 (kelas kontrol).Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kemampuan metakognitif dan penguasaan konsep dengan menggunakan model pembelajaran RQA (X1) dan pembelajaran konvensional  (X2)  pada  konsep  sistem reproduksi. Hal ini  dapat dilihat dari hasil analisis Anakova untuk kemampuan metakognitif dan diperoleh Fhit = 47,14 dan Ftab = 1,47 ini berarti Fhit> Ftab. Sedangkan  pada hasil analisis anakova untuk penguasaan konsep Fhit = 29,24 dan Ftab = 1,47 ini  berarti  Fhit>  Ftab.  Hasil  analisis  ini  menunjukan  adanya  pengaruh  model  pembelajaran  RQA terhadap kemampuan metakognitif dan penguasaan konsep siswa. Kata Kunci : RQA, kemampuan metakognitif, penguasaan konsep

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

bioedu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Bioedukasi diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Khairun. Jurnal ini memuat hasil penelitian ataupun kajian yang berkaitan dengan masalah dalam Pendidikan Biologi dan Biologi Sains yang diterbitkan dua kali dalam setahun (April dan ...