Jurnal Bioedukasi
Vol 1, No 1 (2012)

SUATU MODEL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SLIDE CULTURE UNTUK PENGAMATAN STRUKTUR MIKROSKOPIS KAPANG PADA MATAKULIAH MYCOLOGI

., Sundari ( Dosen Prodi Biologi FKIP Unkhair)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2015

Abstract

Mycology merupakan cabang ilmu mikrobiologi yang mempelajari objek kajian jamur/kapang dan kamir.  Jamur merupakan makhluk hidup mikroskopis yang memiliki organisasi seluler lebih tinggi dibandingkan dengan bakteri. Biasanya dikenal dengan sebutan cendawan. Umumnya   multiseluler   (kapang)   beberapa   yang  uniseluler   (khamir),   heterotrof   dan   tidak berklorofil, berukuran 1 -5 mm  (khamir).Selama ini pembelajaran Mycologi   dalam matakuliah mikrobiologi mengalami kendaladalam  pengamatan  struktur  tubuh  kapang  secara  mikroskopis.  Dalam  pembuatan  preparat, seringkali tidak utuh struktur hifa maupun alat reproduksi kapang, sehingga kesulitan dalam melakukan identifikasi. Kendala dalam pengamatan struktur mikroskopis tubuh kapang mengakibatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep struktur tubuh, ciri, alat produksi dan klasifikasi kapang  rendah. Pemahaman yang kurang akan menyebabkan hasil belajar rendah dan minat terhadap matakuliah juga rendah.Penelitian  ini  bersifat  pengembangan  yaitu  bentuk  penelitian  yang   memuat  butir-butir model pengembangan, prosedur pengembangan dan uji coba produk berupa media pembelajaran dalam bentuk Slide culture. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk desain media pembelajaran  Slide culture pada pada matakuliah Mycology dinyatakan valid dan layak digunakan berdasarkan hasil validasi oleh validator dengan rata-rata nilai validasi sebesar 80,52%. Kata Kunci: pengembangan, media, slide culture, Mycologi

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

bioedu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Bioedukasi diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Khairun. Jurnal ini memuat hasil penelitian ataupun kajian yang berkaitan dengan masalah dalam Pendidikan Biologi dan Biologi Sains yang diterbitkan dua kali dalam setahun (April dan ...