eProceedings of Engineering
Vol 2, No 2 (2015): Agustus, 2015

Membangun Game Mobile Sebagai Assistive Technology Untuk Membantu Meningkatkan Fokus Pada Anak Penderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder (adhd) Dengan Metode Agile Development

Pargaulan Siagian (Telkom University)
Nia Ambarsari (Telkom University)
Warih Puspitasari (Telkom University)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2015

Abstract

Abstrak ADHD merupakan jenis ketidakmampuan belajar yang menyebabkan orang tersebut menjadi kurang fokus dan mudah terganggu yang dicirikan dengan impulsivitas, gangguan perhatian, serta hiperaktivitas yang tidak sesuai dengan tahap perkembangan. Anak yang memiliki keterbatasan membutuhkan assistive technology atau teknologi pendukung dalam meningkatkan produktifitasnya. Pada penelitian ini membahas tentang pembuatan game based learning sebagai teknologi pendukung untuk mingkatkan fokus pada anak ADHD. Game based learning yang akan dibangun bertujuan untuk menggantikan peran dokter atau therapist yang hanya bisa melatih anak ADHD di tempat terapi. Aplikasi game based learning yang dibangun adalah mobile web application menggunakan teknologi HTML5 dan javascript dengan menggunakan metode agile development. Terdapat 3 permainan di dalam ADHIKIDS yaitu matching card, spot the different, dan word search. Game ini ditujukan pada anak usia 7-12 tahun dan dibutuhkan bantuan pendamping dalam memainkannya. Kata kunci : ADHD, game based learning, assitive technology, HTML 5

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

engineering

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian teknik. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...