Jurnal Pengabdian Informatika (JUPITA)
Vol. 1 No. 2 (2023): JUPITA Volume 1 Nomor 2, Februari 2023

PENINGKATAN PEMBELAJARAN BANTEN BYAKAON MELALUI PERANCANGAN PROTOTIPE APLIKASI TETANDINGAN BANTEN BYAKAON BERBASIS ANDROID UNTUK MASYARAKAT HINDU BALI

Anak Agung Istri Dewi Lestari (Universitas Udayana)
Anak Agung Istri Ngurah Eka Karyawati (Universitas Udayana)
I Wayan Supriana (Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2023

Abstract

Bangkit 2021 merupakan program Kampus Merdeka yang bekerja sama dengan Google, Gojek, Tokopedia dan Traveloka yang dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan yang dibutuhkan dan sertifikasi teknologi. Pada akhir kegiatan ini, penulis menemukan permasalahan mengenai kebudayaan Bali. Banten merupakan salah satu tradisi budaya Bali. Salah satu banten yang cukup sering digunakan adalah Banten Byakaon. Saat ini tradisi membuat banten dikalangan masyarakat Bali semakin hilang dan berkurang, sehingga dirancang aplikasi berbasis android sehingga memudahkan masyarakat mempelajarinya. Perancangan dilakukan menggunakan pendekatan purwarupa (prototype) dengan tahapan pengumpulan kebutuhan, proses perancangan desain antarmuka, pembuatan purwarupa, serta evaluasi dan perbaikan sehingga diperoleh tampilan desain dan prototype aplikasi tetandingan Banten Byakaon berbasis Android.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jupita

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Other

Description

Jurnal Pengabdian Informatika (JUPITA) adalah jurnal pengabdian pada masyarakat yang diterbitkan oleh Program Studi Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan artikel tentang kegiatan pengabdian pada masyarakat yang ...