cover
Contact Name
Ida Ayu Gde Suwiprabayanti Putra
Contact Email
iagsuwiprabayantiputra@unud.ac.id
Phone
+6281338409591
Journal Mail Official
jupita@unud.ac.id
Editorial Address
Program Studi Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana Jl. Kampus Bukit Jimbaran Computer Science Building Jurusan Ilmu Komputer, Jimbaran, , Kab. Badung, Provinsi Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Informatika (JUPITA)
Published by Universitas Udayana
ISSN : 29636280     EISSN : 29858127     DOI : -
Jurnal Pengabdian Informatika (JUPITA) adalah jurnal pengabdian pada masyarakat yang diterbitkan oleh Program Studi Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan artikel tentang kegiatan pengabdian pada masyarakat yang memanfaatkan keilmuan Informatika/Komputer, Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, ataupun Teknologi Informasi. JUPITA secara konsisten terbit empat kali dalam setahun pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November.
Articles 193 Documents
Cover JUPITA Volume 1 Nomor 1 November 2022
Jurnal Pengabdian Informatika Vol. 1 No. 1 (2022): JUPITA Volume 1 Nomor 1, November 2022
Publisher : Jurusan Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.628 KB)

Abstract

Cover Belakang JUPITA Volume 1 Nomor 1 November 2022
Jurnal Pengabdian Informatika Vol. 1 No. 1 (2022): JUPITA Volume 1 Nomor 1, November 2022
Publisher : Jurusan Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.358 KB)

Abstract

DESAIN ANTARMUKA SISTEM TANYA JAWAB ANTAR ORGANISASI PERANGKAT DAERAH (OPD) WILAYAH DENPASAR Putu Widya Eka Safitri; Anak Agung Istri Ngurah Eka Karyawati; Ida Bagus Made Mahendra
Jurnal Pengabdian Informatika Vol. 1 No. 1 (2022): JUPITA Volume 1 Nomor 1, November 2022
Publisher : Jurusan Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.962 KB) | DOI: 10.24843/JUPITA.2022.v01.i01.p01

Abstract

Banyaknya pertanyaan yang masuk ke BPKAD Kota Denpasar menyebabkan kewalahan bagi pegawai untuk menjawabnya, dengan menggunakan aplikasi pengirim pesan online membuat Kepala Badan tidak bisa melihat dan susahnya merekap semua pertanyaan yang masuk, oleh karena itu di buatkanlah suatu website yang bisa menampung semua pertanyaan dari OPD dan pegawai BPKAD Kota Denpasar akan menjawab dengan baik, disamping itu juga pada website ini direncanakan akan ditampilkan pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan.
SISTEM INFORMASI PENGARSIPAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR BERBASIS WEB Genaldy Septianto Mbuik; Cokorda Rai Adi Pramartha; Luh Arida Ayu Rahning Putri
Jurnal Pengabdian Informatika Vol. 1 No. 1 (2022): JUPITA Volume 1 Nomor 1, November 2022
Publisher : Jurusan Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (634.676 KB) | DOI: 10.24843/JUPITA.2022.v01.i01.p02

Abstract

Mengingat banyaknya surat masuk dan keluar suatu instansi, diharapkan sistem ini dapat membantu kinerja terkait persuratan mengingat pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi secara global. Dengan adanya informasi surat masuk dan surat keluar berbasis web ini sistem mekanisme saat ini untuk mengelola surat masuk dan keluar dalam suatu organisasi yang meliputi penerimaan, pembuatan, penyimpanan, dan pendokumentasian surat, dilakukan secara konvensional untuk memudahkan penyimpanan dan pencarian file surat agar waktu yang dihabiskan mempercepat proses pencarian data surat dan meningkatkan pengelolaan arsip surat yang ada. Pada pembuatan aplikasi ini dibutuhkan Visual Studio Code sebagai editor teks dan database MySQL digunakan dalam pengembangan sistem perangkat lunak ini. Pengabdian ini menghasilkan sistem informasi yang dapat memecahkan masalah saat ini dalam mengelola surat masuk dan surat keluar.
IMPLEMENTASI REST API PADA FITUR ADMIN DARI APLIKASI PEMINJAMAN RUANGAN Alim Ikegami; I Dewa Made Bayu Atmaja Darmawan; I Gusti Agung Gede Arya Kadyanan
Jurnal Pengabdian Informatika Vol. 1 No. 1 (2022): JUPITA Volume 1 Nomor 1, November 2022
Publisher : Jurusan Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.243 KB) | DOI: 10.24843/JUPITA.2022.v01.i01.p03

Abstract

Proses peminjaman ruangan adalah suatu hal yang sering dilakukan dalam suatu organisasi atau institusi. Namun, dalam kesehariannya, proses peminjaman ruangan seringkali masih belum dilakukan secara efektif. Proses peminjaman ruangan yang dilakukan secara konvensional dengan menuliskan peminjam dan waktu peminjaman pada kertas masih belum dapat dikatakan efisien. Penggunaan kertas pada pencatatan peminjaman ruangan mengakibatkan pengecekan kondisi peminjaman dari suatu ruangan tidak dapat dilakukan dengan cepat. Sebagai solusi terhadap permasalahan dalam melakukan peminjaman ruangan, CV. Avatar Solution melakukan pembuatan aplikasi peminjaman ruangan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dalam aplikasi tersebut, terdapat entitas admin yang memiliki peranan penting dalam menambahkan organisasi yang ada serta ruangan yang dapat dipinjam. Tanpa adanya entitas admin, proses penambahan organisasi serta ruangan yang dapat dipinjam akan menjadi hal yang merepotkan. Untuk itu, dilakukan pembuatan sisi back-end dari aplikasi peminjaman ruangan khususnya fitur bagi entitas admin dalam bentuk REST API. Yang mana, proses pengembangan REST API tersebut dilakukan dengan menggunakan metode waterfall model.
PENGEMBANGAN RESTFUL API UNTUK MODEL MACHINE LEARNING INDOOR-OUTDOOR DALAM APLIKASI PEMINJAMAN RUANGAN Arvanchrist Charlie Wijaya; I Gede Arta Wibawa; I Dewa Made Bayu Atmaja Darmawan
Jurnal Pengabdian Informatika Vol. 1 No. 1 (2022): JUPITA Volume 1 Nomor 1, November 2022
Publisher : Jurusan Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.604 KB) | DOI: 10.24843/JUPITA.2022.v01.i01.p04

Abstract

Pada jaman digital ini kini berbagai aktivitas dan kerja dapat dipermudah dengan penggunaan teknologi informasi seperti misalnya dalam hal peminjaman ruangan. Peminjaman ruangan secara konvensional ternilai kurang efisien, oleh karena itu CV. Avatar Solution memberikan solusi terkait permasalahan tersebut dengan pengembangan aplikasi peminjaman ruangan. Dalam proses pengembangannya terdapat pula berbagai bidang informatika yang dapat mendukung dalam seperti bidang machine learning. Dari model yang dikembangkan dari bidang machine learning tidak dapat diimplementasikan secara langsung. Sehingga perlu untuk dilakukan proses untuk diintegrasikan dengan aplikasi. Dalam integrasi model dengan aplikasi dibuatkan RESTful API yang bertujuan supaya model machine learning dapat digunakan dalam aplikasi peminjaman ruangan.
IMPLEMENTASI FRONTEND DINAMIS HALAMAN DASHBOARD DAN LOGIN PADA APLIKASI PEMINJAMAN RUANGAN I Putu Ananta Wijaya; I Gede Santi Astawa; Gst Ayu Vida Mastrika Giri
Jurnal Pengabdian Informatika Vol. 1 No. 1 (2022): JUPITA Volume 1 Nomor 1, November 2022
Publisher : Jurusan Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.105 KB) | DOI: 10.24843/JUPITA.2022.v01.i01.p05

Abstract

Pemimjaman ruangan kebanyakan dilakukan secara manual, misalnya dengan surat menyurat. Dengan sistem manual tersebut, banyak hal menjadi tidak efisien, mulai dari masalah keaslian surat, pencatatan yang tidak terorganisir, terjadinya miskominikasi, hingga tabrakan waktu peimjaman dengan peminjam yang lain. Contohnya adalah peminjaman ruangan di universitas untuk pembelajaran tatap muka, acara seminar, ataupun dipinjam oleh salah satu organisasi mahasiswa untuk berkegiatan. Hal ini yang menjadi permasalahan/ide bagi Avatar Solution, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pembuatan software, untuk membuat website peminjaman ruangan yang bersifat online, realtime dengan menggunakan teknologi React.js yang langsung memperbaharui data secara otomatis pada setiap komponennya dengan harapan peminjaman ruangan dapat dilakukan dengan cepat dan efisien.
PENGEMBANGAN FITUR ROOM DISPLAY PADA APLIKASI SISTEM PEMINJAMAN RUANGAN BERBASIS ANDROID I Komang Roni Sudarmawan; I Gusti Agung Gede Arya Kadyanan; I Wayan Santiyasa
Jurnal Pengabdian Informatika Vol. 1 No. 1 (2022): JUPITA Volume 1 Nomor 1, November 2022
Publisher : Jurusan Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.116 KB) | DOI: 10.24843/JUPITA.2022.v01.i01.p06

Abstract

Avatar Solution merupakan perusahaan yang dibentuk pada tahun 2009 yang memfokuskan diri pada solusi manajemen informasi berbasis web menyeluruh yang ditambah dengan paket hardware dan software yang lengkap. Melihat perkembangan teknologi di bidang pendidikan, Avatar Solution ingin membuat sebuah aplikasi yang dapat membantu tenaga kependidikan dan mahasiswa/pelajar dalam mengelola jadwal ruang kelas berbasis android dengan bahasa pemrograman dart dan framework flutter. Terdapat berbagai macam fitur pada aplikasi peminjaman ruang ini, salah satunya adalah fitur room display yang dapat menampilkan seluruh ruangan beserta keterangan waktu kosong dan kapasitasnya. Metode pelaksanaan yang digunakan untuk pembuatan aplikasi ini adalah observasi, diskusi, implementasi dan testing. Dengan adanya fitur room display ini, pengguna menjadi semakin dipermudah untuk mengetahui ruangan-ruangan yang ada beserta keterangan waktu kosong dan kapasitas ruangannya.
PERANCANGAN FRONT END WEB SISTEM PEMINJAMAN RUANGAN BAGIAN MANAJEMEN RUANGAN Arfal Razya Suhendra; I Gusti Anom Cahyadi Putra; I Wayan Santiyasa
Jurnal Pengabdian Informatika Vol. 1 No. 1 (2022): JUPITA Volume 1 Nomor 1, November 2022
Publisher : Jurusan Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.852 KB) | DOI: 10.24843/JUPITA.2022.v01.i01.p07

Abstract

Pada pelaksanaan PKL pada tahun ajaran 2022 dilaksanakan pada salah satu Konsultan IT di Bali yaitu CV. Avatar Solution. Pada pelaksanaannya penulis mengambangkan sebuah sistem peminjaman ruangan. Pengembangan aplikasi tersebut memiliki latar belakang karena ruangan merupakan hal yang penting dalam melakukan kegiatan. Dalam melakukan kegiatan seperti perkuliahan, rapat, atau workshop tempat pelaksanaan menjadi hal yang vital untuk disiapkan baik oleh panitia atau pengurus yang bersangkutan. Sistem yang dikembangkan merupakan aplikasi berbasis web menggunakan teknologi web component. Pengambangan sistem terbatas pada bagian manajemen ruangan yang memiliki fungsionalitas create, read, update dan delete (CRUD) data ruangan.
DESAIN ANTARMUKA SISTEM RESERVASI ANTRIAN BANK (LOGO BANK) BERBASIS WEBSITE Berlin Pratama; I Ketut Gede Suhartana; Ida Bagus Gede Dwidasmara
Jurnal Pengabdian Informatika Vol. 1 No. 1 (2022): JUPITA Volume 1 Nomor 1, November 2022
Publisher : Jurusan Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.891 KB) | DOI: 10.24843/JUPITA.2022.v01.i01.p08

Abstract

Mengantri di bank seringkali menjadi suatu hal kecil yang menimbulkan masalah. Lamanya mendapatkan pelayanan bergantung pada nomor antrian yang kita dapatkan, begitu pula dengan nomor antrian yang bergantung pada waktu kedatangan kita dan jumlah orang yang lebih dulu menunggu pelayanan sebelum kita. Hal itu membuat orang yang terburu-buru ataupun tak mempunyai banyak waktu menjadi bingung untung mendapatkan pelayanan dan seringkali memilih untuk membatalkan transaksi karena waktu yang terbuang saat menunggu antrian dipanggil begitu lama. Berkembangnya teknologi membuat bank berinovasi dengan menghadirkan suatu sistem yang membuat kita dapat melakukan reservasi layanan untuk mendapatkan nomor antrian lebih dahulu tanpa harus datang lebih awal ke bank. Bahkan, untuk transaksi yang akan datang pada kunjungan selanjutnya. Nasabah tak perlu lagi terburu-buru datang ke bank untuk mendapatkan nomor antrian lebih awal dan dapat menentukan tanggal serta waktu kedatangannya sendiri melalui website reservasi antrian bank ini.

Page 1 of 20 | Total Record : 193