Jurnal Administrasi Sosial dan Humaniora (JASIORA)
Vol 2, No 1 (2018): Juni

Implementasi Perjanjian Pembiayaan Antara Konsumen Dan leasing Dalam Jual Beli Sepeda Motorpada Dealer Sriaraya Motor Rimbo Ilir Muara Tebo

Darmawanto Darmawanto (SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI SETIH SETIO)
Nova Elsyra (Unknown)
Delvita Juniarsih (Unknown)
Ani Safitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan antara konsumen dan leasing melaksanakan perjanjian pembiayaan dalam jual beli sepeda motordi Dealer Sri Araya Motor Rimbo Ilir Muara Tebo. Perjanjian pembiayaan antara konsumen dan leasing terjadi atas bantuan dari pihak Dealer Sri Araya Motor Rimbo Ilir Muara Tebo.Melalui pihakDealer Sri Araya Motor Rimbo Ilir Muara Tebo barang yang diperlukan oleh konsumen dikirim untuk memenuhi kebutuhan konsumen untuk dilaksanakan pembiayaan kepada konsumen.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian pembiayaan antara konsumen dan leasingdalam jual beli sepeda motor pada Dealer Sri Araya Motor Rimbo Ilir Muara Tebo, serta hambatan yang dihadapi oleh leasing yang bekerjasama dengan Sri Araya Motor Rimbo Ilir Muara Tebo dalam melaksanakan perjanjian pembiayaan konsumen dan upaya yang dilakukan. Dalam hal ini akan dianalisis secara langsung bagaimana implementasi perjanjian pembiayaan antara konsumen dan leasing dalam jual beli sepeda motor pada Dealer Sri Araya Motor Rimbo Ilir Muara Tebo.Dari hasil analisis yang dilakukan terhadap data yang diperoleh dari beberapa narasumber dengan menggunakan metode wawancara kepada 10 orang responden yang terkait penelitian, menggunakan teknikpurposive sampling. Diperoleh hasil bahwa implementasi pembiayaan konsumen dan leasing dengan menggunakan prinsip perkreditan 5C belum sepenuhnya diterapkan oleh pihak Dealer Sri Araya Motor Rimbo Ilir Muara Tebo. Serta mendapatkan hambatan yaitu banyaknya konsumen yang terlambat dalam membayar kredit, banyak terdapat kesalahan data dari konsumen, kurangnya tenaga kerja untuk melakukan penagihan. Serta upaya dari pihak leasing yaitu pihak leasing akan memberikan potongan harga jika konsumen tidak terlambat dalam membayar kredit, pihak leasing harus hati-hati dalam mendata konsumennya, pihak leasing melakukan penagihan kepada konsumen secara langsung. Disarankan agar pihak Dealer Sri Araya Motor Rimbo Ilir Muara Tebo maupun leasing untuk memberikan reward (penghargaan) untuk konsumen yang tepat waktu membayar cicilan kreditnya, hati-hati dalam mengecek data yang diberikan konsumen sejak awal diberikannya data tersebut, menambahkan tenaga kerja dibagian lapangan atau penagihan cicilan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

admngr

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora merupakan Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Setih Setio sebagai wadah bagi para peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitian di bidang ilmu sosial. Selain itu jurnal ini juga dapat menjadi wahana tukar pandang dan informasi di ...