cover
Contact Name
Yasmir
Contact Email
lppmiakss@gmail.com
Phone
+6285266128252
Journal Mail Official
lppmiakss@gmail.com
Editorial Address
Jl. Setih Setio No. 5 Pasir Putih, Muara Bungo 37214 085266128252
Location
Kab. bungo,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Administrasi Sosial dan Humaniora (JASIORA)
ISSN : -     EISSN : 26561328     DOI : https://doi.org/10.56957/jsr.v6i2
Core Subject : Humanities, Social,
Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora merupakan Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Setih Setio sebagai wadah bagi para peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitian di bidang ilmu sosial. Selain itu jurnal ini juga dapat menjadi wahana tukar pandang dan informasi di antara para cendekiawan, praktisi, maupun peminat ilmu sosial yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juli dan Desember.
Articles 170 Documents
ANALISIS KELAYAKAN BISNIS WATER PARK DALAM MENGURANGI RESIKO KERUGIAN USAHA (Studi Pada PT Semagi Water Park Prakasa Muara Bungo) Feri Antoni; Burhanuddin Burhanuddin; Muhammad Nasir
Jurnal Administrasi Sosial dan Humaniora Vol 6, No 1 (2022): Juni
Publisher : Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.358 KB) | DOI: 10.56957/jsr.v4i4.215

Abstract

Keterbatasan kelayakan sarana dan prasarana harus sudah disediakan oleh pihak pengelola bisnis taman Semagi Water Park ini dapat dilihat dari sarana trasportasi.. Disamping itu, pengelolaan dan manajemen pelayanan dirasakan juga masih kurang oleh sebagian pengunjung, termasuk kualitas air yang relatif kurang bersih dan jernih. Hal ini merupakan permasalahan yang selalu dihadapi hampir oleh semua bisnis yang baru berdiri. Untuk itu diperlukan analisis kelayakan bisnis dalam upaya untuk mengurangi kerugian maupun kegagalan usaha oleh manajemen Semagi Water Park Muara Bungo.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif ?kualitatif. Peneliti menggunakan analisis data dengan cara wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah pimpinan dan seluruh karyawan Taman Semagi Water Park Prakasa Muara Bungo,. Sedangkan sampel adalah adalah sebagian dari populasi yang akan kita selidiki. Dalam penelitian ini, sampel yang diambil dan ditetapkan berjumlah 8 orang.Hasil penelitian diantaranya: PT. Semagi Water Park Prakasa Muara Bungo memiliki peluang yang potensial untuk mengembangkan usaha ditengah beratnya persaingan dalam bisnis sejenis. Untuk melihat kelemahan dan kelebihan pengelolaan usaha dari perusahaan, dapat dilihat dari berbagai aspek, yaitu: aspek pasar dan pemasaran, aspek lingkungan bisnis,? aspek teknis dan teknologis,? aspek manajemen dan sumber daya manusia, aspek yuridis, aspek financial, dan aspek lingkungan hidup.. Hambatannya oleh PT. Semagi Water Park Prakasa Muara Bungo dalam analisis kelayakan usaha, diantaranya adalah: keterbatasan pendidikan, pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh tenaga pengelola, dan keterbatasan dana investasi untuk melakukan pengembangan usaha. Upaya yang dilakukan oleh PT. Semagi Water Park Prakasa Muara Bungo dalam mengatasi hambatan tersebut, meliputi: melakukan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia pengelola, dan mencari alternatif pendanaan investasi.
PENGARSIPAN DOKUMEN PADA KANTOR BADAN PERTANAHAN NASIONAL DAN AGRARIA TATA RUANG (BPN/ATR) KABUPATEN BUNGO Hamirul Hamirul; Irwandi Irwandi; Nova Elsyra; Darmawanto Darmawanto; Widya Pratiwi
Jurnal Administrasi Sosial dan Humaniora Vol 5, No 1 (2021): Juni
Publisher : Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.569 KB) | DOI: 10.56957/jsr.v4i2.154

Abstract

Dalam suatu organisasi tentu adanya hubungan dengan pengelolaan data dan informasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut secara sistematik. Tentunya dalam perkantoran juga sangat penting sistem administrasi. Dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik penggumpulan data yang digunakan adalah wawancara serta analisis yang digunakan dengan trianggulasi dengan informan sebanyak 7 orang. HasilPenelitian Pengarsipan dokumen pada Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Bungo sudah dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan yaitu melalui proses pemeriksaan, pengindeksian, pemberian tanda, penyortiran dan penyimpanan, Namun, pada pelaksanaannya belum sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. Hal ini karena proses pengindekskan sebagian besar dilakukan secara manual dan belum terkomputerisasi sehingga masih terdapat nomor dokumen ganda pada berkas yang akan diarsipkan, masih terbatasnya sumber daya manusia yang ahli dalam bidang pengarsipan sehingga terjadi kesalahan petugas dalam memberikan kode pada dokumen arsip. Selain itu, proses penyortiran juga membutuhkan waktu yang cukup lama yang disebabkan oleh banyaknya kesalahan yang dilakukan pada saat proses pengindekskan arsip serta sarana dan prasarana pendukung penyimpanan arsip seperti ruangan dan lemari penyimpanan yang belum memadai dan juga dipengaruhi oleh sumber daya manusia yang mengawasi arsip masih tebatas.
Peran Badan Permusyawaratan Desa Dalam Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (Studi pada Dusun Teluk Panjang, Kecamatan Bathin III, Kabupaten Bungo) Nanang Al Hidayat; Asra'i Maros
Jurnal Administrasi Sosial dan Humaniora Vol 3, No 2 (2019): Desember
Publisher : Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.213 KB) | DOI: 10.56957/jsr.v3i3.100

Abstract

RKP Desa merupakan hal yang esensial dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, dengan penyusunan RKP Desa yang partisipatif maka akan berpengaruh positif terhadap kemajuan pembangunan desa namun sebaliknya penyusunan RKP Desa yang kurang partisipatif akan berpengaruh negatif pula pada kemajuan desa.Pada Dusun Teluk Panjang, Kecamatan Bathin III, Kabupaten Bungo proses penyusunan RKP Desa tidak berjalan sesuai aturan, penyusunan RKP Desa tidak diawali dengan musyawarah desa oleh BPD justru sebaliknya segala inisiatif usulan-usulan RKP Desa berasal dari pemerintah desa, sedangkan BPD bersikap pasif dan hanya menjadi stempel dari pemerintah desa. Ini menunjukan proses demokrasi tidak berjalan karena BPD tidak dapat menjalankan tugas dan fungsinya sebagaimana yang diamanatkan oleh peraturan perundang-undangan. Padahal BPD merupakan wujud demokrasi di desa yang memperjuangkan kepentingan masyarakat.Jika ini dibiarkan akan terus lahir kebijakan-kebijakan yang tidak partisipatif yang tidak sesuai dengan kepentingan masyarakat dan prinsip check and balance dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Oleh karena itu, harus ada pembenahan dengan mengembalikan lagi peran BPD dalam penyusunan RKP Desa berdasarkan peraturan perundang-undangan dalam rangka menjalankan proses demokrasi yang pada gilirannya dapat melahirkan kebijakan-kebjijakan yang strategis di desa yang sesuai dengan kepentingan masyarakat.Tujuan penelitian ini 1) Untuk menguji, menganalisis, dan mengetahui peran BPD dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) di Dusun Teluk Panjang Kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo; 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi peran BPD dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) di Dusun Teluk Panjang Kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo; 3) Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peran BPD dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) di Dusun Teluk Panjang Kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif atau memaparkan secara keseluruhan (komprehensive) aspek-aspek yang ada. Metode penelitian kualitatif deskriptif adalah metode yang digunakan untuk menemukan pengetahuan terhadap subyek penelitian pada suatu saat tertentu. Tingkat Kesiapan Teknologi pada penelitian ini adalah tingkat 2.Hasil penelitian menujukan BPD Dusun teluk panjang belum melaksanakan fungsinya dengan baik khususnya dalam proses penyusunan RKP desa yang disebabkan rendahnya kualitas SDM, tingkat kesejahteraan relatif rendah, BPD memiliki pekerjaan lain, penghasilan kurang memadai, proses rekrutmen, upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas SDM BPD, regulasi mengenai tunjangan yang disesuaikan dengan UMR, meningkatkan monitoring dan pengawasan dari pemerintah daerah.
Analisis Strategi Pencapaian Target Tahunan Produk Mitra Beasiswa Berencana Asuransi Jiwa Perorangan Pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Kantor Unit Layanan Administrasi Muara Bungo M Chotib; Joko Susanto; Muhammad Nasir; Ana Fatmawati
Jurnal Administrasi Sosial dan Humaniora Vol 2, No 1 (2018): Juni
Publisher : Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.178 KB) | DOI: 10.56957/jsr.v2i4.50

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pimpinan dalam meningkatkan peserta/nasabah asuransi beasiswa berencana, jika perusahaan mampu menjalankan strategi dengan baik dan tepat tentu saja tujuan perusahaan dapat tercapai,
Membangun Kepuasan Kerja Karyawan Melalui Budaya Organisasi Dengan Locus of Control Puskesmas Koto Baru Susriyanti Susriyanti; Mery Trianita; Nanik istianingsih
Jurnal Administrasi Sosial dan Humaniora Vol 6, No 1 (2022): Juni
Publisher : Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.643 KB) | DOI: 10.56957/jsr.v4i4.196

Abstract

Artikel ini berisi penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan program SPSS 25 untuk mengetahui bagaimakah Kepuasan Kerja Karyawan dapat dibangun dengan Locus Of Control baik secara langsung maupun setelah dimoderasi oleh Budaya Organisasi. Responden penelitian adalah karyawan pada Puskesmas Kota Baru, Dharmasraya dengan 100 sampel yang digunakan. Dengan analisis regsesi, MRA (Moderating Regression Analysis), uji t dan determinasi, didapatkan hasil bahwa Locus Of Control berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan baik sebelum dimoderasi ataupun setelah moderasi.
PELAKSANAAN PROGRAM GEDUBRAK DALAM MENCIPTAKAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN MASYARAKAT DUSUN PURWO BAKTI KECAMATAN BATHIN III KABUPATEN BUNGO Muhammad Nasir; Zepa Anggraini; Eko Suryantoko; Joko Susanto; H.M. Chotib
Jurnal Administrasi Sosial dan Humaniora Vol 4, No 2 (2020): Desember
Publisher : Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.514 KB) | DOI: 10.56957/jsr.v4i1.143

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Program GEDUBRAK di Kabupaten Bungo yang khususnya disalah satu dusun yang ada di Kabupaten Bungo yaitu Dusun Purwo Bakti, Kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka, observasi dan wawancara. Populasi yang diambil peneliti terdiri dari karyawan Dinas Lingkungan Hidup, Dusun Purwo Bakti dan Dusun Suka Makmur. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah enam belas orang. Data dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan melakukan telaah terhadap fenomena-fenomena atau peristiwa secara keseluruhan, maupun terhadap bagian-bagian yang membentuk fenomena-fenomena tersebut serta hubungan keterkaitannya. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan Program Gedubrak di Kabupaten Bungo dapat dijalankan dengan baik. Namun masih memiliki kendala yang umumnya terdiri dari masalah waktu, dana, dan yang paling utama itu kesadaran masyarakat tentang kebersihan lingkungan. Melalui sosialisasi tentang kebersihan dari Pemerintah Kabupaten, iuran dari masyarakat, dan menggunakan sedikit Dana Desa, merupakan upaya yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Dusun Purwo Bakti dalam menyikapi hambatan yang ada.
Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Kepegawaian Dalam Meningkatkan Tertib Administrasi Kepegawaian (Studi pada Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Bungo) Nova Elsyra; Dedi Epriadi; Widya Pratiwi; Tomi Hendra
Jurnal Administrasi Sosial dan Humaniora Vol 1, No 1 (2017): Juni
Publisher : Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.216 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan sistem informasi kepegawaian dalam meningkatkan tertib administrasi kepegawaian di Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Bungo; Untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Bungo dalam penerapan sistem informasi kepegawaian guna meningkatkan tertib administrasi kepegawaian; Untuk mengetahui upaya yang dilakukan Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Bungo dalam mengatasi kendala tersebut diatas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sedangkan yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah Kepala dan Staf Pegawai Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Bungo, dan Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Bungo. Dan jumlah sampel penelitian yang diteliti sebanyak 10 orang, yang ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Efektivitas penerapan sistem informasi kepegawaian dalam meningkatkan tertib administrasi kepegawaian di Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Bungo sudah berjalan sesuai standarnya, namun masih belum optimal; Kendala-kendala yang dihadapi oleh Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Bungo dalam penerapan sistem informasi kepegawaian guna meningkatkan tertib administrasi kepegawaian: Kurangnya tenaga operator yang diperlukan untuk mengelola SIMPEG tersebut; Data kepegawaian yang masuk ke Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian BKD Kabupaten Bungo masih belum akurat; Aplikasi Simpeg masih digunakan tidak fleksibel artinya Aplikasi Simpeg dari Kemendagri masih perlu diperbaharui, sehingga membutuhkan biaya tambahan setiap mengupdate; Upaya-upaya yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Bungo dalam mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi adalah: Mengajukan penambahan tenaga operator untuk mengelola SIMPEG; Meningkatkan keakuratan kinerja dari tenaga operator dan mengingatkan kembali kepada pegawai Pemkab. Bungo terhadap data kepegawaiannya; Mengajukan biaya untuk memperbaharui Simpeg, biar kinerjanya lebih maksimal
ANALISIS KINERJA PEGAWAI HONORER TERHADAP PENYELESAIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN (Studi Di Badan Pengelolaan Pajak Dan Restribusi Daerah) Nanang Al Hidayat; Asra'i Maros; Burhanuddin Burhanuddin
Jurnal Administrasi Sosial dan Humaniora Vol 3, No 1 (2019): Juni
Publisher : Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.441 KB) | DOI: 10.56957/jsr.v3i2.32

Abstract

Berdasarkan pengamatan penyelesaian administrasi perkantoran yang dilakukan oleh pegawai honorer belum optimal, dapat dilihat dari kurangnya pembinaan dilakukan oleh PNS atasannya masing-masing; Terlalu banyaknya pegawai honorer dibandingkan dengan ketersediaan pekerjaan rutinitas; Perekrutan pegawai honorer tidak memiliki keahlian pada bidang administrasi publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pegawai honorer terhadap penyelesaian administrasi perkantoran pada Badan Pengelolaan Pajak dan Restribusi Daerah Kabupaten Bungo beserta hambatan-hambatan dan upaya mengatasinya. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas dan Seluruh Karyawan Badan Pengeloaan Pajak dan Restribusi Daerah Kabupaten Bungo. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini berjumlah 11 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara dan dokumentasi. Sumber data data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan kinerja pegawai honorer terhadap penyelesaian administrasi perkantoran belum sepenuhnya berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hambatan yang dihadapi oleh Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kinerja Pegawai Honorer Terhadap Penyelesaian Administrasi Perkantoran yaitu kurang aktifnya Pegawai honorer terhadap penyelesaian administrasi perkantoran, kurangnya pemahaman dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dan kurangnya pembinaan yang dilakukan. Upaya yang dilakukan oleh Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Bungo untuk mengatasi hambatan yang dihadapi adalah meningkatkan kesadaran pegawai kerja honorer dalam penerapan tugas pokok dan fungsi, meningkatkkan kesadaran pegawai honorer serta dukungan atasan dan meningkatkan pembinaan kepada pegawai honorer terhadap pemahaman kerja dalam meningkatkan kinerja pegawai honorer.
Pengawasan Pemerintah Daerah Terhadap Kebijakan Pembangunan Emergency Exit Di Perkantoran Kabupaten Bungo Nanang Al Hidayat; Hasdani Hasdani; Asra'i Maros
Jurnal Administrasi Sosial dan Humaniora Vol 4, No 1 (2020): Juni
Publisher : Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.185 KB) | DOI: 10.56957/jsr.v3i4.118

Abstract

Salah satu sistem keamanan yang perlu diperhatikan adalah Emergency Exit? (jalur evakuasi darurat).? Emergency? Exit? sangat? penting,? karena? ketika terjadi keadaan darurat yang terjadi secara tiba ? tiba pada suatu gedung, maka hal pertama yang dilakukan adalah keluar dari gedung. Tujuan dalam penelitian yang akan dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana pengawasan pemerintah daerah terhadap pembangunan Emergency Exit pada gedung perkantoran Kabupaten Bungo beserta hambatan-hambatan dan upaya mengatasinya. Metode yang digunakan ialah metode? penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun populasi? dalam penelitian ini meliputi Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten?? Bungo, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berlokasi di Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo, dan? masyarakat Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo. Dalam penelitian ini yang dijadikan unit analisis adalah sebanyak 7 orang. Pengawasan yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bungo, yakni dengan cara : Melihat fasilitas bangunan gedung, Pembangunan gedung dan jarak pada badan jalan. Hambatan yang dihadapi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Kesatuan Bangsa dan Politik, adalah : Bangunan Perkantoran Lama (kuno), Gedung Swasta. Adapun upaya yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan? Kesatuan Bangsa dan Politik, adalah dengan cara melakukan sosialisasi dan menghimbau instansi terkait, Memberi peringatan kepada yang melanggar.
Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi (Studi pada Karyawan Outsorcing PT Bank Mandiri Cabang Muara Bungo) Tarjo Tarjo; Burhanuddin Burhanuddin; Muhammad Nasir
Jurnal Administrasi Sosial dan Humaniora Vol 4, No 1 (2020): Juni
Publisher : Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.518 KB) | DOI: 10.56957/jsr.v3i4.122

Abstract

Penelitian yang dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh lingkungan kerja dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi. Populasi dan sampel penelitian seluruh karyawan outsorcing dengan tehnik pengambilan sampel total samping sebanyak 43 responden. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan software IBM Statistik SPSS Versi. 20.Kesimpulan penelitian, H1 pengaruh lingkungan kerja terhadap komitmen organisasi berpengaruh tidak signifikan thitung < ttabel (1.111 < 2.0167)sig 0.273 > 0.005, H2 pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi berpengaruh signifikan rhitung > rtabel (3.113> 2.0167 dan sig 0.003 < 0.005 serta H3 secara simultan pengaruh lingkungan kerja dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan fhitung > ftabel (17.299 > 5.114 dan sig 0.000 < 0.005.

Page 1 of 17 | Total Record : 170