Al-Miskawaih: Journal of Science Education (MIJOSE)
Vol. 1 No. 1 (2022): Science Education

Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash Professional 8 dalam Pengembangan Mutu Pembelajaran Ekonomi

Susaksi Rahayu (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Kemas Imron Rosadi (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Alfian Alfian (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

This study raises the importance of interactive learning media based on Macromedia Flash Professional 8 in developing the quality of economic learning at SMAN Jambi City. The main problem in this research is how to use interactive learning media based on Macromedia Flash Professional 8 in developing the quality of economic learning? As in the initial observations, it is known that teachers are still unfamiliar with the name of the macromedia flash application and still use a lot of learning media such as power points, videos and pictures. The research method used is a descriptive qualitative research approach. The results showed that interactive learning media based on macromedia flash professional 8 system materials and payment instruments in class X economics lessons can make learning quality/quality. This was conveyed by the teacher that this media was in accordance with the learning objectives. The material presented in this learning media is also complete including pictures, videos, and audio so that students are interested and more enthusiastic in the learning process. In addition, students are also motivated to make learning more active. Penelitian ini mengangkat tentang pentingnya media pembelajaran intrekatif berbasis macromedia flash professional 8 dalam pengembangan  mutu pembelajaran ekonomi di SMAN Kota Jambi. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash professional 8 dalam pengembangan mutu pembelajaran ekonomi? Sebagaimana pada observasi awal diketahui bahwa guru masih asing mendengar nama aplikasi macromedia flash dan masih banyak menggunakan media pembelajaran seperti power point, video dan gambar. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash professional 8 materi sistem dan alat pembayaran pada pelajaran ekonomi kelas X dapat menjadikan pembelajaran menjadi berkualitas/bermutu. Hal ini disampaikan oleh guru bahwa media ini telah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Materi yang disajikan dalam media pembelajaran ini juga lengkap mecakup gambar, video, dan juga audio sehingga siswa tertarikdan lebih antusias dalam proses pembelajaran. Selain itu siswa juga termotivasi sehingga menjadikan pembelajaran lebih aktif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mijose

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Fokus kajian Jurnal MIJOSE antara lain: Pendidikan dan Pengajaran, Pendidikan dan Pengembangan, Proyek dan Inovasi Pendidikan, Metodologi Pembelajaran, Teknologi Baru dalam Pendidikan dan Pembelajaran, Manajemen Pendidikan. Penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). The focus of the MIJOSE ...