eProceedings of Engineering
Vol 4, No 3 (2017): Desember, 2017

Implementasi Dan Analisis Mobile Cloud Gaming Online Menggunakan Open-source Cloud Gaming Server Gaminganywhere Pada Perangkat Android

Edoeardo Setiawan (Telkom University)
Rendy Munadi (Telkom University)
Sussi Sussi (Telkom University)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2017

Abstract

Mobile cloud gaming merupakan pengembangan dari infrastruktur sebagai model layanan cloud computing. Dengan adanya layanan cloud gaming server menggunakan open-source GamingAnyWhere, perangkat mobile phone dengan operation sytem android yang bekerja sebagai client mampu mengakses server yang menjalankan suatu game melalui jaringan nirkabel secara online. Server melakukan capture terhadap frame audio dan frame video kemudian dikodekan dan dikirimkan kepada client. Setelah client mendapatkan frame A/V, client akan mengdekodekan frame-frame yang diterima sehingga user bisa bermain dan melakukan input control . Untuk mendapatkan hasil performa dari sistem cloud gaming yang diimplementasikan ini, dilakukan pengujian dengan tiga parameter yaitu kebutuhan resource, Quality of Service, dan Quality of Experience. Hasil kebutuhan resource client yang hanya memakai 6.2% cpu usage, 20.6 MB RAM untuk game Neverball dan 3.6% cpu usage, 11.9 MB RAM untuk game Deadpool. Nilai FPS client yaitu 29.1 untuk Neverball dan 14.5 untuk Deadpool, nilai ini terbilang kecil dikarenakan kemampuan rendering server yang kurang maksimal. Untuk delay total sistem cukup memuaskan yaitu bernilai 0.19 detik untuk Neverball pada jaringan lokal dan 0.35 detik pada jaringan online. Sedangkan 0.13 detik untuk Deadpool dengan jaringan lokal dan 0.19 detik untuk jaringan online pada bandwidth 5 Mbps.Kata Kunci: Cloud Gaming, Mobile Cloud Gaming, GamingAnyWhere, Cloud Computing.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

engineering

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian teknik. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...