INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 5, No 4 (2017): INPAFI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II

Eviyona L. Barus (Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan)
Ridwan A. Sani (Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Latihan Inkuiri dan pembelajaran konvensional, serta mengetahui aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran Latihan Inkuiri. Jenis penelitian adalah quasi experiment. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes pilihan berganda dengan jumlah soal 20 butir dan lembar aktivitas belajar. Kedua kelas yang menjadi penelitian adalah kelas eksperimen X MIA3 dan kelas kontrol X MIA1 yang berjumlah masing-masing 37 siswa. Hasil pretes kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan sebesar 37.70 dan kelas kontrol 36.89. Penelitian diakukan dengan memberikan perlakuan yang berbeda. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran latihan inkuiri sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil postes kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 73.24 dan kelas kontrol sebesar 70.94. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa diketahui rata-rata aktivitas belajar siswa pada pertemuan I adalah 65,07%, pertemuan II adalah 70,23%, dan pertemuan III adalah 79,40%. Berdasarkan analisis dapat bahwa disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran latihan inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Usaha dan Energi di kelas X semester II SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan T.P. 2016/2017. Kata Kunci: latihan inkuiri, Hasil belajar, konvensional

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...