INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 8, No 2 (2020): INPAFI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 35 MEDAN

Reza Tondi D Sitompul (Universitas Negeri Medan)
Yenni Triana Lumban Gaol (Universitas Negeri Medan)
Mariati Purnama Simanjuntak (Universitas Negeri Medan)
Abdul Hamid (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa SMP dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan  model pembelajaran problem based learning (PBL) di kelas VII-5 SMP NEGERI 35 Medan pada materi Pencemaran Lingkungan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dan masing masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-5 SMP NEGERI 35 Medan T.A 2019/2020. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik Pengumpulan data yaitu dengan menggunakan observasi dan tes. Hasil analisis data siswa pada siklus I diperoleh dengan rata rata 70,00 dalam kriteria baik, pda siklus II diperoleh data dengan rata rata 80,50  dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 35 Medan.Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, PTK

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...