INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 7, No 3 (2019): INPAFI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HIGHER ORDER OF THINKING SKILLS (HOTS)

Andriono Manalu (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan merupakan hasil pengamatan dan hasil tes tertulis yang diolah secara deskriptif untuk mengetahui keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thingking skills-HOTS) siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Pematangsiantar melalui pembelajaran inkuiri terbimbing. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode tes. Tes yang diberikan berupa tes Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (KBTT) berbentuk uraian yang memuat gabungan indikator keterampilan berpikir tingkat tinggi sebanyak 5 soal. Kesimpulan penelitian diperoleh bahwa Siswa pada kategori atas dan Siswa kategori tengah memenuhi dua indikator KBTT, yaitu indikator 1 (menganalisis informasi yang masuk dan membagi-bagi informasi atau menstrukturkan informasi ke dalam bagian yang lebih kecil untuk mengenali pola atau hubungannya) dan indikator 2 (mampu mengenali serta membedakan faktor penyebab dan akibat dari sebuah skenario yang rumit), sedangkan Siswa pada kategori bawah tidak dapat memenuhi semua indikator KBTT. Berdasarkan pengalaman peneliti disarankan dalam melakukan penelitian hendaknya KBTT tidak diajarkan dalam mata pelajaran atau topik yang terpisah, melainkan dikembangkan dalam proses pembelajaran ketika mengaplikasikan materi. Oleh karena itu, hendaknya siswa dilibatkan secara aktif dalam berpikir tingkat tinggi ketika proses pembelajaran berlangsung. Selain itu tambahan soal-soal yang berikan hendaknya menekankan analisis, evaluasi, dan sintesis serta pengembangan kemampuan berpikir.Kata Kunci: : inquiry training, sikap ilmiah, hasil belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...