INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 8, No 1 (2020): INPAFI

PENGARUH MODEL INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN

Yohana Chintya Siregar (Universitas Negeri Medan)
Nurdin Siregar (Universitas Negeri Medan)
Fauzi Girsang (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis kelas XI semester I SMA Negeri 5 Medan T.P 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain Two Group Pretes – Postes. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan yang terdiri dari 7 kelas paralel. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil dengan teknik random sampling yaitu XI MIA-2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran inquiry training dan XI MIA-1 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional dengan jumlah masing-masing kelas adalah 31 siswa. Data penelitian diperoleh dengan instrumen tes keterampilan proses sains dalam bentuk essay yang berjumlah 7 buah soal yang telah divalidkan terlebih dahulu. Kedua kelas dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Uji t-2 pihak, menyatakan bahwa kemampuan awal keterampilan proses sains kedua kelas adalah  sama. Uji t-1 pihak, menunjukkan adanya perbedaan keterampilan proses sains masing-masing kelas. Kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training pada materi pokok Fluida dinamis di kelas XI semester I SMAN 5 Medan T.P 2018/2019.Kata Kunci: inquiry training, fluida dinamis, keterampilan proses sains

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...