eProceedings of Engineering
Vol 6, No 2 (2019): Agustus 2019

Usulan Retirement Age Dan Jumlah Maintenance Crew Optimal Pada Mesin Huron Di Pt.xyz Menggunakan Metode Dynamic Life Cycle Cost (dlcc) Dengan Simulasi Monte Carlo

Hario Ardi Nugroho (Telkom University)
Judi Alhilman (Telkom University)
Endang Budiasih (Telkom University)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2019

Abstract

Abstrak PT.XYZ merupakan perusahaan industri manufaktur yang bergerak dalam pembuatan alat berat untuk militer maupun komersil. Salah satu peralatan untuk menunjang kegiatan produksi PT. XYZ adalah mesin Huron yang memproduksi komponen-komponen untuk excavator, kapal, dan alat berat lainnya. Mesin Huron ini memiliki frekuensi kerusakan terbesar. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk umur mesin yang sudah tidak optimal atau tidak tepatnya jumlah maintenance crew untuk menangani mesin rusak. Pada penelitian ini untuk menentukan umur mesin optimal dan jumlah maintenance crew optimal dari mesin Huron, digunakan metode DLCC dengan simulasi Monte Carlo. Nilai LCC didapat dari penjumlahan sustaining cost dan acquisition cost. Failure Mode Effect and Analysis (FMEA) atau mode kegagalan digunakan untuk menentukan pengaruhnya terhadap pengoperasian sistem yang selanjutnya dicari nilai weibull shape factor (β) dan characteristic life () sebagai input untuk disimulasikan dengan Monte Carlo sehingga didapatkan mean time to failure (MTTF) prediction mesin Huron. Selanjutnya dianalisa future maintenance cost. Berdasarkan perhitungan DLCC, diperoleh total LCC optimal sebesar Rp. 574,070,461 dengan umur mesin optimal adalah sembilan tahun dan jumlah maintenance crew optimal sebanyak satu orang. Berdasarkan hasil simulai Monte Carlo didapatkan nilai MTTF mesin Huron 391.7 jam dengan future maintenance cost yang harus dipersiapkan sebesar Rp. 270,710,759. Kata Kunci - Maintenance, Mean Time To Failure, Dynamic Life Cycle Cost, Monte Carlo Simulation, Failure Mode and Effect Analysis Abstract PT. XYZ is a manufacturing company that manufacturing in military and commercial heavy equipment products. One of the equipment used to support the production activities of PT. XYZ is a Huron MU 6 milling machine to fulfill every components needed for excavators, ships, and other heavy equipment. Huron Machine has the most frequent damage in PT. XYZ. It can be caused by several factors, including a machine that has exceeded its optimal limit. In determining optimal machine life and optimal maintenance crew of the Huron machine, in this study case is using DLCC with Monte Carlo simulation. LCC value is obtained from the sum of sustaining cost and acquisition cost. FMEA is used to identify the failure mode and determine its effect on system operation, then weibull shape factor (β) and scale factor / characteristic life ( ) are used as inputs to be simulated with monte carlo to obtained the probabilistic Huron engine's mean time to failure (MTTF) for further analyze getting future maintenance costs. Based on the calculation of DLCC, the smallest total LCC value obtained is Rp. 574,070,461 with optimal engine life is nine years and the optimal number of maintenance crew is one person. Based on the results of the Monte Carlo simulation, the value of the MTTF Huron engine is 391.7 hours with future maintenance costs which must be prepared in the amount of Rp. 270,710,759 Keywords – Maintenance, Mean Time To Failure, Dynamic Life Cycle Cost, Monte Carlo Simulation, Failure Mode and Effect Analysis

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

engineering

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian teknik. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...