eProceedings of Engineering
Vol 6, No 2 (2019): Agustus 2019

Perencanaan Kebijakan Persediaan Spare Part Mesin Fanuc Dengan Menggunakan Metode Expected Backorder (ebo) Untuk Meningkatkan Service Level

Nur Aini Ajeng Juliawati (Telkom University)
Ari Yanuar Ridwan (Telkom University)
Budi Santosa (Telkom University)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2019

Abstract

Abstrak Spare part merupakan salah satu komponen penting yang di butuhkan mesin saat mengalami kerusakan maupun saat dilakukannya perawatan, maka dari itu ketersediaan spare part harus tetap di jaga. Namun saat ini manajemen persediaan untuk spare part mesin fanuc di PT XYZ dapat di katakan belum baik karena masih terjadinya fenomena stockout pada tahun 2017. PT XYZ merupakan salah satu perusahaan otomotif yang bergerak dibidang manufaktur, perakitan dan distribusi sepeda motor. Fenomena stock out yang terjadi tersebut dapat menyebabkan perusahaan akan mengalami kerugian karena waktu down time mesin yang semakin besar yang menyebakan tidak terpenuhinya target produksi dari mesin fanuc. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu meningkatkan service level dengan melakukan perancangan kebijakan safety stock, reorder point dan expected backorder yang optimal untuk spare part mesin fanuc di PT XYZ dengan menggunakan metode Expected Backorder (EBO). Hasil dari penerapan metode Expected Backorder (EBO) pada persediaan spare part mesin fanuc, memberikan peningkatan service level yang awalnya sebesar 78% menjadi 91% walaupun total biaya persediaan yang mengalami kenaikan hingga 63% dari total biaya persediaan aktual yang awalnya sebesar Rp93,464,799.60 menjadi Rp152,500,513.60. Hal ini terjadi dikarenakan adanya penurunan stock out atau penghematan biaya kekurangan dan adanya peningkayan biaya pesan dan biaya simpan. Kata kunci : Spare part, Stock out, service level Abstract Spare part is one of the important components that the engine needs when it is damaged or when doing maintenance, therefore the availability of spare parts must be maintained. However, at present the inventory management for spare parts of fanuc engines at PT XYZ can be said to be not good because of the occurrence of the stockout phenomenon in 2017. PT XYZ is an automotive company engaged in manufacturing, assembling and distributing motorcycles. The phenomenon of stock out that occurs can cause companies to experience losses due to the greater machine down time which causes the production target of the fanuc machine to not be met. The aim of this research is to improve service level by designing optimal safety stock, reorder point and expected backorder policies for fanuc machine spare parts at PT XYZ using the Expected Backorder (EBO) method. The results of the application of the Expected Backorder (EBO) method on the supply of spare parts for fanuc machines, gave an increase in service level that was initially at 78% to 91% even though the total inventory cost increased up to 63% from the total actual inventory cost which initially amounted to Rp93,464,799.60 to Rp.152,500,513.60. This happens because of a decrease in stock out or shortage cost savings and an increase in message costs and storage costs. Keywords: Spare Parts, Stock out, service level

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

engineering

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian teknik. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...