Jurnal Keperawatan
Vol 14 No 1 (2022): Jurnal Keperawatan: Maret 2022

Kembali Ke Pesantren pada Era New Normal: Pengaruhnya pada Kecemasan dan Apakah Terapi Relaksasi Spritual dapat Menurunkan Kecemasan Santri?

Herin Mawarti (Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang)
Athi’ Linda Yani (Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2022

Abstract

Pesantren Darul Ulum mengawali pembelajaran tatap muka pada saat penetapan kebijakan New normal oleh pemerintah. Hal ini memberikan dampak positif karena siswa dapat melakukan pembelajaran ofline kembali. Disisi lain ada kecemasan yang dirasakan siswa dan harus mendapatkan respon serius oleh Pusat pelayanan kesehatan santri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor penyebab kecemasan dan menganalisa pengaruh relaksasi spiritual. Desain penelitian diskriptif analitik dan dilanjutkan dengan quasi eksperimen. Populasi santri putra Asrama Al-Falah berjumlah 600 orang. Survai kecemasan ditemukan 60 orang sebagai sampel. Variabel yang diteliti faktor resiko kecemasan santri dan tingkat kecemasan santri sebelum dan sesudah terapi relaksasi spiritual. Pengukuran quesioner mengunakan skala Hars-14  dan COVID-19 Anxiety Scale (CAS)-5. Analisa data mengunakan uji korelasi spearman dan wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan tingkat kecemasan dipengaruhi oleh usia (OR = 38,3, 95% CI = 8,5, 171,2, p=0,00), pendidikan (OR = 23,7, 95% CI = 5.6, 100,1, p=0,00), tempat Tinggal (OR = 44,2, 95% CI = 8,3, 235, p=0,00), riwayat penyakit (OR = 14,2, 95% CI = 3,9, 51,2, p=0,00), betah di pesantren (OR = 14,2, 95% CI = 3,9, 51,2, p=0,00). Faktor yang mempengaruhi berurutan adalah tempat tinggal semula, pendidikan, riwayat penyakit, umur, betah dipesantren. Hasil uji statistik wilcoxon menunjukkan p< 0, 05, ada pengaruh terapi relaksasi spiritual dengan tingkat kecemasan. Pembelajaran kembali ke pesantren memberikan pengaruh kecemasan pada santri dengan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Terapi relaksasi spiritual dapat diaplikasikan untuk menurunkan kecemasan santri sehingga tidak berpengaruh pada kesehatan ataupun proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

keperawatan

Publisher

Subject

Nursing

Description

Jurnal keperawatan (JK) merupakan bagian integral dari jurnal yang diterbitkan oleh LPPM STIKES Kendal. JK merupakan sarana pengembangan dan publikasi karya ilmiah bagi para peneliti, dosen dan praktisi keperawatan. JK menerbitkan artikel-artikel yang merupakan hasil penelitian, studi kasus, hasil ...