Kualitas dan mutu pelayanan kesehatan yang terbaik merupakan salah satu fokus utama masyarakat. Tuntutan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik sejalan dengan hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, yang terselenggara sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan sehingga dapat memberikan kepuasan bagi setiap masyarakat dan pasien. Evaluasi pada pelayanan kesehatan digunakan untuk membantu menilai seberapa baik sesuatu itu bekerja sehingga dapat menginformasikan keputusan tentang keefektifan layanan dan perubahan apa yang dapat dipertimbangkan untuk meningkatkan pemberian layanan serta meninjau secara ketat semua aspek pelayanan dari berbagai perspektif. Penulisan artikel review ini bertujuan untuk mengevaluasi pelayanan kesehatan Jiwa di Rumah Sakit khusus jiwa. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini yaitu literature review. Pencarian artikel dilakukan melalui Google Scholar , pubmed, science direct dengan kata kunci “Pelayanan Kesehatan Jiwa”, “rumah sakit”, dan “Indonesia”. Total temuan artikel 537, namun hanya 11 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi. Berdasarkan 11 artikel yang dianalisis terlihat bahwa beberapa indicator pencapaian mutu pelayanan kesehatan jiwa yang mengalami perbedaan yang signifikan dari standar yang telah ditetapkan sehingga menyebabkan adanya keluhan pelayanan. Proses dalam pemberian pelayanan kesehatan selayaknya aman, berkualitas, memenuhi persepsi yang baik dari pasien dan keluarga serta diberikan secara efisien dan efektif sesuai dengan standar profesi dan standar pelayanan secara menyeluruh. Dengan melakukan evaluasi pelayanan kesehatan dapat membantu menilai seberapa baik sesuatu itu bekerja sehingga dapat menginformasikan keputusan tentang keefektifan layanan dan perubahan apa yang dapat dipertimbangkan untuk meningkatkan pemberian layanan serta meninjau secara ketat semua aspek pelayanan dari berbagai perspektif.
Copyrights © 2022