Jurnal Keperawatan
Vol 14 No S2 (2022): Jurnal Keperawatan: Supp Juni 2022

Studi Literature: Evaluasi Pelayanan Kesehatan Jiwa di Rumah Sakit Khusus Jiwa

Ummi Kalsum (Program Studi Magister Keperawatan, Universitas Hasanuddin Makassar)
Rini Rachmawaty (Program Studi Magister Keperawatan, Universitas Hasanuddin Makassar)
Ariyanti Saleh (Program Studi Magister Keperawatan, Universitas Hasanuddin Makassar)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Kualitas dan mutu pelayanan kesehatan yang terbaik merupakan salah satu fokus utama masyarakat. Tuntutan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik sejalan dengan hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, yang terselenggara sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan sehingga dapat memberikan kepuasan bagi setiap masyarakat dan pasien. Evaluasi pada pelayanan kesehatan digunakan untuk membantu menilai seberapa baik sesuatu itu bekerja sehingga dapat menginformasikan keputusan tentang keefektifan layanan dan perubahan apa yang dapat dipertimbangkan untuk meningkatkan pemberian layanan serta meninjau secara ketat semua aspek pelayanan dari berbagai perspektif. Penulisan artikel review ini bertujuan untuk mengevaluasi pelayanan kesehatan Jiwa di Rumah Sakit khusus jiwa. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini yaitu literature review. Pencarian artikel dilakukan melalui Google Scholar , pubmed, science direct dengan kata kunci “Pelayanan Kesehatan Jiwa”, “rumah sakit”, dan “Indonesia”. Total temuan artikel 537, namun hanya 11 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi. Berdasarkan 11 artikel yang dianalisis terlihat bahwa beberapa indicator pencapaian mutu pelayanan kesehatan jiwa yang mengalami perbedaan yang signifikan dari standar yang telah ditetapkan sehingga menyebabkan adanya keluhan pelayanan. Proses dalam pemberian pelayanan kesehatan selayaknya aman, berkualitas, memenuhi persepsi yang baik dari pasien dan keluarga serta diberikan secara efisien dan efektif sesuai dengan standar profesi dan standar pelayanan secara menyeluruh. Dengan melakukan evaluasi pelayanan kesehatan dapat membantu menilai seberapa baik sesuatu itu bekerja sehingga dapat menginformasikan keputusan tentang keefektifan layanan dan perubahan apa yang dapat dipertimbangkan untuk meningkatkan pemberian layanan serta meninjau secara ketat semua aspek pelayanan dari berbagai perspektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

keperawatan

Publisher

Subject

Nursing

Description

Jurnal keperawatan (JK) merupakan bagian integral dari jurnal yang diterbitkan oleh LPPM STIKES Kendal. JK merupakan sarana pengembangan dan publikasi karya ilmiah bagi para peneliti, dosen dan praktisi keperawatan. JK menerbitkan artikel-artikel yang merupakan hasil penelitian, studi kasus, hasil ...