Jurnal Keperawatan
Vol 14 No 4 (2022): Jurnal Keperawatan: Desember 2022

Studi Literatur: Penggunaan Complementary and Alternative Medicine (CAM) pada Orang dengan HIV AIDS (ODHA), Peluang atau Hambatan?

Ni Putu Diwyami (STIKES Panca Atma Jaya)
Kadek Prima Dewi (STIKES Panca Atma Jaya)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2022

Abstract

Complementary and alternative medicine (CAM) menjadi pilihan pada ODHA yang kecewa pada pengobatan konvensional dan mengharapkan peningkatan kualitas hidup serta pelayanan kesehatan. Penting sebagai praktisi kesehatan menyadari penggunaan CAM dan mendiskusikan penggunaannya dengan pasien baik dari segi keamanan penggunaan dan kaitannya dengan kepatuhan terhadap ARV. Studi literature digunakan dalam mendeskripsikan lebih luas penggunaan CAM di kalangan ODHA. Literatur diperoleh dari database Google Scholar dengan temuan awal sebanyak 109 artikel yang kemudian dilakukan penapisan sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi sehingga ditemukan 5 artikel yang masing-masing berasal dari negara Nigeria, Lebanon, Malawi, Ethiopia, dan Indonesia dengan terbitan berada dalam rentang waktu 10 tahun terakhir. Artikel dikaji secara kualitatif dengan menggunakan CASP sebagai pengujian kelayakan artikel. Prevalensi penggunaan CAM di kalangan ODHA masih bervariatif dengan mayoritas alasan menggunakan CAM sebagai penambah daya tahan tubuh serta meringankan efek samping ARV. Praktisi kesehatan perlu mengidentifikasi penggunaan CAM di kalangan ODHA dan mencegah terjadinya implikasi perawatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

keperawatan

Publisher

Subject

Nursing

Description

Jurnal keperawatan (JK) merupakan bagian integral dari jurnal yang diterbitkan oleh LPPM STIKES Kendal. JK merupakan sarana pengembangan dan publikasi karya ilmiah bagi para peneliti, dosen dan praktisi keperawatan. JK menerbitkan artikel-artikel yang merupakan hasil penelitian, studi kasus, hasil ...