Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 11, No 1 (2023)

Proses Berpikir Mahasiswa Calon Guru Matematika pada Pemahaman Konsep Segiempat Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi

Lady Agustina (Universitas Muhammadiyah Jember)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses berpikir mahasiswa calon guru dalam pemahaman konsep segiempat berdasarkan teori pemrosesan informasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 3, subjek yang akan dipilih adalah mahasiswa yang mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua subjek menerima stimulus atau informasi berupa soal melalui sensory register dengan menggunakan indra penglihatan dan pendengaran. Setelah membaca soal dan mendengarkan petunjuk dari peneliti terjadi attention  pada kedua subjek, kemudian muncul perception saat mereka memahami soal. Perception terjadi saat subjek melakukan retrieval terhadap konsep-konsep yang ada pada long term memory untuk dapat menjawab soal tersebut. Perbedaan kedua subjek saat melakukan retrieval adalah untuk S1 dia lupa dengan sifat-sifat yang ada pada kedua bangun tetapi dia bisa menyebutkan kedua bangun tersebut adalah segiempat. Sedangkan untuk S2 dengan ingatan yang ada pada long term memory dia bisa menyebutkan sifat-sifat pada segiempat pada kedua bangun tersebut tetapi dia melupakan nama bangun yang kedua. Jadi kedua subjek sama-sama mengalami lupa atau forgotten lost terhadap suatu konsep tertentu dari segiempat.

Copyrights © 2023